Maskapai Trans Nusa Hentikan Penerbangan, VDB: Pemkab Torut Tak Konsisten

BERBAGI
Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara/ IST

MAKALE, SULSELEKSPRES.COM – Wakil Bupati Tana Toraja, Victor Datuan Batara menanggapi terkait informasi maskapai penerbangan Trans Nusa Airlines yang menghentikan penerbangan rute Makassar- Toraja.

Menurut Victor Datua Batara atau akrab di sapa VDB, penyebab, karena pemerintah Toraja Utara tidak konsisten dalam kesepakatan menyubsidi terhadap maskapai tersebut. Sementara menurut Victor kehadiran maskapai Trans Nusa Airlines bukan hanya kepentingan Tana Toraja, tapi juga kepentingan Toraja Utara.

“Selama ini yang subsidi hanya kami, sementara Pemda Toraja Utara cuma memberikan janji akan tetapi kenyataannya tidak ada realisasinya. Masak cuma Pemda Tana Toraja yang harus subsidi sementara ini kepentingan untuk dua Kabupaten, yakni Tana Toraja dengan Toraja Utara” Terang Wakil Bupati Victor Datuan Batara, saat dikonfirmasi Senin (20/11/2017).

Saat ditanya seperti apa upaya pemerintah Tana Toraja dalam menghadirkan kembali maskapai penerbangan rute Makassar – Toraja, Victor Datuan Batara mengatakan, akan menyesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Ia juga berharap Pemerintah Toraja Utara serius dalam membantu mensubsidi bukan hanya berikan janji semata.

“Akan kami akan sesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah dan mudah -mudahan Pemda Toraja Utara mau ambil bagian dalam subsidi penerbangan tersebut”. Kata Mantan Kapolres Tana Toraja ini.

Terpisah maskapai penerbangan Trans Nusa Airlines yang melayani rute penerbangan Makassar-Toraja PP menghentikan penerbangan dari Makassar ke Toraja atau sebaliknya, dengan mengeluarkan surat pemberhentian penerbangan tetanggal 20 November 2017.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bandara Pongtiku, Denny Arianto.

“Sesuai dengan surat manajemen Trans Nusa Airlines yang diterima manajemen Bandara Pongtiku, terhitung hari ini Senin 20 November 2017, maskapai Trans Nusa Airlines menghentikan rute penerbangan Makassar-Toraja dan Toraja-Makassar melalui Bandara Pongtiku,” Denny Arianto

Penghentian rute penerbangan itupun sudah dilaporkan pihak Bandara Pongtiku ke Bupati Tana Toraja.

“Kemungkinan, pertimbangan pihak maskapai Trans Nusa airlines menghentikan penerbangan ke Toraja karena merugi akibat jumlah muatan penumpang tidak memcukupi. Inipun langsung kami laporkan ke Bupati Tana Toraja dan Toraja Utara,” Lanjut Denny Arianto

Maskapai Trans Nusa Airlines melayani rute penerbangan Makassar-Toraja dan Toraja-Makassar sejak akhir tahun 2016 lalu. Jadwal penerbangan dari Makassar-Toraja atau sebaliknya setiap hari kecuali hari Minggu dan hari libur nasional.

Berdasarkan informasi yang diperoleh pihak Bandara Pongtiku, maskapai penerbangan Trans Nusa Airlines menutup rute penerbangannya dari Makassar-Toraja dan Toraja Makassar karena jumlah penumpang pesawat seringkali tidak mencukupi kuota. Akibatnya, maskapai Trans Nusa Airlines mengalami kerugian.

Pasca maskapai Trans Nusa menghentikan rute penerbangan Makassar-Toraja, kini tinggal satu maskapai airlines yang melayani rute penerbangan melalui bandara Pongtiku. Sayangnya, jadwal penerbangan yang masih dibuka itu tidak tiap hari melainkan hanya sekali seminggu.

loading...