Cerita Mukhtar Tompo Saat Minum ‘Ballo’ dengan Aziz Qahar

BERBAGI
calon wakil gubernur Sulsel, Ustadz Aziz Qahhar Mudzakkar.(Ist)

JENEPONTO, SULSELEKSPRES.COM – Anggota DPR RI kelahiran Jeneponto, Mukhtar Tompo punya cerita kedekatan dengan bakal calon wakil gubernur Sulsel, Ustadz Aziz Qahhar Mudzakkar.

Termasuk pernah menerima kunjungan Aziz Qahar dikediamannya pada 2013 lalu. Saat itu, Mukhtar mengaku kalau dirinya dan Aziz Qahar sama-sama minum Ballo (tuak).

“Tahun 2013, Ustaz Aziz pernah ke rumah saya di Jeneponto dan minum ballo’ sama-sama,” kenang Mukhtar Tompo melalui rilis yang diterima Sulselekspres.com (23/11/2017).

Tak hanya menikmati manisnya ballo’, Aziz juga menitip pesan dan mengapresiasi petani setempat.

“Beliau juga memberi nasihat kepada segenap petani ballo’ dan mengapresiasi Lontara Sakti sebagai wadah pembinaan ekonomi kerakyatan dan juga menginspirasi dalam pembinaan ummat,” lanjut Mukhtar.

Aziz Qahhar sendiri menganggap kalau produksi Ballo Jeneponto bisa sejahterakan masyarakat. Apa saja yang berdaya guna untuk masyarakat, Aziz ingin menjadikannya sebagai kekuatan ekonomi untuk Sulsel.

Salah satu yang dilirik Aziz adalah produk gula merah yang terbuat dari ballo’ atau nira pohon lontar dan pohon aren.

Di Sulsel, bahan baku gula merah tersebar merata di setiap daerah, dari Toraja hingga Kabupaten Jeneponto.

Jeneponto boleh dikata gudangnya ballo’. Daripada ballo’ disalahgunakan untuk menjadi minuman beralkohol, Aziz ingin mengoptimalkannya menjadi bermanfaat, seperti mengolahnya menjadi gula merah, yang selanjutnya bisa dipasarkan ke lintas provinsi.

“Jika dikelola dengan tepat, insya Allah ballo’ ini bisa sejahterakam masyarakat Jeneponto,” kata Aziz Qahhar, Rabu, 23/11.

loading...