Kebun Raya Parepare Dilaunching

BERBAGI
Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melaunching dan meresmikan penggunaan Kebun Raya Jompie (KRJ), yang terletak di Kelurahan Bukit Indah, Kecamatan Soreang, Kota Parepare, Selasa (28/11/2017)/ IST

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melaunching dan meresmikan penggunaan Kebun Raya Jompie (KRJ), yang terletak di Kelurahan Bukit Indah, Kecamatan Soreang, Kota Parepare, Selasa (28/11/2017).

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Parepare, Iwan As’ad mengatakan keberadaan KRJ ini merupakan kepedulian pemerintah dalam menyejahterakan masyarakat Parepare. Karena, kata dia, dengan hadirnya KRJ tentu sejalan dengan teori telapak kaki yang diterapkan Wali Kota Parepare Taufan Pawe.

“Dengan banyaknya orang yang berkunjung dan berwisata di KRJ ini, tentu berdampak pada pendapatan daerah, dan ujung-ujungnya berdampak pula pada kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Direktur Bina Penataan Bangunan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresias Pemkot Parepare dan seluruh pihak yang terlibat, atas suksesnya pembangunan KRJ. Apalagi, kata dia, KRJ diinisiasi sejak enam tahun yang lalu. Namun, katanya, kebun raya bukan hanya milik pemerintah tapi juga masyarkat luas.

Dia mengungkapkan, KRJ Parepare masih perlu dilengkapi fasilitas dasar, dan dilakukan pengembangan terutama pada peningkatan kualitas penataan ruangnya, serta melakukan upaya pemeliharaan secara maksimal.

“Untuk itu, kami mendorong pemerintah dalam meningkatkan perlindungan lingkungan khususnya di Parepare,” jelasnya.

Kepala Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI), Bambang Subyanto memaparkan, KRJ Parepare merupakan kebun raya yang dilaunching kedua di Sulawesi, dan yang ada di tengah-tengah perkotaan selain yang kebun raya di Bogor. Hal itu, katanya, merupakan hasil kerjasama Kemeterian PUPR RI, Pemkot Parepare, dan LIPI yang terlibat secara aktif melalui eksplorasi tumbuhan, serta pembinaan teknis dan manajemen.

Karenanya, kata dia, jika Parepare berkembang pesat ke depannya, maka KRJ akan menjadi salah satu sumber oksigen, dan juga sebagai tempat koleksi khusus berbagai jenis tanaman. KRJ, lanjut dia, telah mengalami kemajuan yang sangat pesat, dan membangun kebun raya bukanlah hal mudah dan membutuhkan waktu yang panjang. Namun, dampaknya dapat meningkatkan citra daerah dan bermanfaat bagi generasi yang akan datang.

“Kami ingin menitipkan KRJ ini tidak hanya kepada pemerintah tapi juga kepada masyarakat, mohon dijaga dengan baik kebersihan dan kerapian yang telah dibangun sejak awal. Dengan inovasi yang ada semoga pengunjung semakin banyak. Tak lupa kami ucapkan selamat kepada pemerintah dan seluruh masyarakat atas terbangunnya KRJ ini,” ungkapnya.

Dia berharap, KRJ dapat bermanfaat untuk pendidikan, lingkungan, konservasi, wisata, dan berfungsi untuk penelitian. Sehingga, para peneliti di seluruh Indonsia, bisa melakukan penelitian di sini (KRJ). Selalin itu, tambahnya, juga untuk generasi yang akan datang, serta diharapakan bisa meningkatkan PAD.

“Kami menitip pesan kepada Mahasiswa, untuk mencari manfaat setiap tanaman dan pohon yang ada, dalam menggali kearifan lokal. Sebab, setiap tanaman yang diciptakan Tuhan, tentu memiliki manfaat yang besar bagi manusia itu sendiri,” tandasnya.

loading...