Mega PLTB Sidrap Rampung Akhir 2017

BERBAGI

SIDRAP, SULSELEKSPRES.COM – Pengerjaan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap, Sulawesi Selatan, dipastikan bakal rampung pada akhir 2017.

Pasalnya, di akhir bulan November ini saja, pengerjaan PLTB tersebut sudah mencapai hingga 90 persen, hal ini terlihat dari 30 tower yang telah terpasang keseluruhan.

Meski demikian, baru 10 turbin yang terpasang dari 30 turbin yang rencananya akan terpasang. Manager pembangunan PLTB Sidrap, Niko Priambada memastikan pengerjaan seluruh turbin dipercepat dan seluruhnya rampung terpasang diakhir tahun 2017.

“Pengerjaan 30 tower sudah selesai dan 10 turbin sudah terpasang, tinggal 20 turbin lainnya akan dikerjakan dengan cepat, sehingga bisa mencapai target penyelesaian pada akhir 2017. Selain itu, gardu listrik juga sudah rampung 80 persen,”jelas Niko, melalui rilisnya kepada Sulselekspres.com, Selasa (28/11/2017).

Niko menjelaskan, selama kurang lebih dua bulan, akan dilakukan komisioning serta sinkronisasi instalasi serta berbagai alat dengan PT PLN Sulselrabar, sehingga PLTB Sidrap ditarget beroperasi pada Maret 2018.

“PLTB Sidrap ditargetkan akan beroperasi pada Maret 2017 dan pengoperasian distribusi listrik akan diserahkan ke pihak PLN,”kata Niko.

Sekadar diketahui, setiap baling baling atau tower akan menghasilkan 2,5 megawatt daya listrik. Untuk tahap pertama ini, berdasarkan janji pihak UPC akan membangun dan merampungkan serta memfungsikan sebanyak 30 tower baling baling. Itu artinya, PLTB Sidrap ini akan menghasilkan daya yang cukup besar 75 megawatt.

loading...