Takut Karena Gelap, Ini Dampak Tidur Dengan Lampu Menyala

BERBAGI
Ilustrasi tidur/ INT

SULSELEKSPRES.COM – Tidur yang kita lakukan sebaiknya dilakukan dengan baik agar bisa berkualitas dan membuat tubuh menjadi sehat dan bugar saat terbangun di pagi hari.

Akan tetapi, salah satu hal yang kerap dianggap remeh namun bisa menurunkan kualitas tidur dengan signifikan adalah lampu yang masih menyala saat kita tidur di malam hari.

Ternyata, ada sebagian orang yang masih memilih untuk tidur dengan lampu menyala terang di malam hari. Alasannya juga macam-macam, dari yang berupa takut dengan kegelapan, agar bisa berburu nyamuk, atau alasan lainnya.

Meskipun terlihat wajar untuk dilakukan, dilansir dari doktersehat pakar kesehatan menyebutkan, bahwa ada dampak buruk dari kebiasaan tidur dengan lampu menyala terang seperti sebagai berikut.

Tidur dengan lampu tetap menyala ternyata bisa mengganggu jam biologis tubuh. Hal ini ternyata bisa mempengaruhi sistem metabolisme dan membuat tubuh akhirnya kekurangan nutrisi, vitamin, dan mineral akibat dari tidak maksimalnya sistem pencernaan dalam menyerap nutrisi makanan. Kondisi ini tentu akan membuat tubuh mudah lemas dan lelah.

Tak hanya itu, sistem kekebalan tubuh juga akan semakin menurun sehingga akhirnya bisa menyebabkan datangnya berbagai macam penyakit.

Mata akan terasa pegal karena otot-otot pada kelopak mata tidak benar-benar bisa beristirahat akibat dari terangnya cahaya saat tidur.

Bisa memicu datangnya insomnia.

Tidur dengan lampu menyala bisa memicu datangnya depresi karena tubuh tidak benar-benar beristirahat dengan maksimal.

Dengan lampu yang tetap menyala, produksi hormon melatonin akan terhambat. Hal ini ternyata bisa meningkatkan resiko terkena kanker mengingat melatonin ternyata termasuk dalam hormon yang menghambat perkembangan sel tumor dan kanker.

Melihat adanya fakta ini, tidurlah dengan lampu yang dimatikan atau memakai lampu tidur yang lebih redup.

loading...