Kapolda Baru, Irjen Umar Septono Disambut Angngaru

BERBAGI
Kapolda Sulsel yang baru saat menginjakkan kaki di Mako Polda Sulsel dan disambut tradisi Angngaru/ IST

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan (Sulsel) yang baru Irjen Pol Umar Septono langsung disambut dengan Angngaru pada saat turun dari mobil dan pertama kali menginjakkan kaki di Mako Polda Sulsel, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar, Kamis (30/11/2017).

Sebelum disambut Angngaru, Kapolda Sulsel yang baru langsung dikalungkan bunga oleh Kapolda Sulsel yang lama, Irjen Pol Muktiono. Setelah dikalungkan langsung disambut dengan syair Angngaru.

Angngaru merupakan ikrar atau ungkapan sumpah setia yang sering disampaikan oleh orang-orang di masa silam, biasanya diucapkan oleh bawahan kepada atasannya, abdi kerajaan kepada rajanya, prajurit kepada komandannya, masyarakat kepada pemerintahnya.

Bahkan juga dapat diucapkan seorang raja kepada rakyatnya, bahwa apa yang telah diungkapkan dalam aru itu akan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, baik itu untuk kepentingan pemerintah di masa damai maupun di masa perang.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, Angngaru kini sering dilakukan pada saat acara penyambutan orang-orang penting.

loading...