Saat Bersin Jangan Tutup Mulut Dengan Tangan, Bahaya!

BERBAGI
Ilustrasi/int

SULSELEKSPRES.COM – Sudah jadi rahasia umum saat batuk dan bersin, ada baiknya kita segera menutup mulut atau hidung dengan tangan. Dengan melakukannya, maka diharapkan berbagai virus penyebab penyakit tidak akan menyebar ke udara atau menular ke orang lain.

Contohnya, dalam sebuah penelitian, ditemukan fakta mengejutkan dimana salah satu penyebab mewabahnya virus H1N1 beberapa waktu lalu ternyata gara-gara kebiasaan orang yang tidak menutup mulut atau hidungnya saat bersin.

Hanya saja, menurut pakar kesehatan, kebiasaan menutup hidung atau mulut dengan tangan ternyata tidak baik untuk dilakukan. Hal ini ternyata kurang efektif untuk dilakukan, apalagi jika kemudian melakukan berbagai aktifitas seperti biasanya tanpa sempat mencuci tangan dengan sabun atau memakai hand sanitizer. Padahal, berbagai virus sudah menempel pada telapak tangan yang kita pakai untuk menutup hidung dan mulut saat bersin atau batuk.

Penyebaran virus bahkan bisa jadi akan lebih parah jika kita kemudian bertemu dengan banyak orang dan melakukan jabat tangan. Hal ini tentu akan membuat virus menyebar ke banyak orang, bukan?

Dilansir doktersehat, pakar kesehatan Nick Wilson berasal dari Otago University, Wellington, Selandia Baru menyebutkan, bahwa saat kita batuk atau bersin dan kemudian menutupnya dengan tangan, maka hal ini akan sama saja dengan membuat tangan dipenuhi virus.

Dalam penelitian yang Ia lakukan pada 384 responden, 26,7 diantaranya tidak pernah menutup mulut saat batuk dan bersin, dan hanya 30 orang yang memakai tisu. Padahal, memakai tisu adalah cara paling efektif untuk menutup hidung atau mulut saat bersin atau batuk karena akan membuat tangan tidak dipenuhi oleh virus.

loading...