Skor 4 – 0, Indonesia Kalahkan Brunei Darussalam Di AWSC 2017

BERBAGI
Timnas Indonesia/ IST

ACEH, SULSELEKSPRES.COM – Timnas Indonesia berhasil menaklukkan Brunai Darussalam dengan skor telak 4-0, Pada perhelatan Aceh World Solidarity Cup (AWSC) 2017, di Stadion Harapan Bangsa, Sabtu (2/12) malam WIB. menemui kendala pada partai pertama mereka.

Jalannya Pertandingan

Indonesia mengawali pertandingan dengan menekan pertahanan Brunei, Ilija Spasojevic mendapatkan bola di kotak penalti. Sayangnya bola sulit dikontrol karena hujan deras yang memengaruhi lapangan. Menit 11′, peluang lewat sepak pojok yang disambut Hansamu Yama. Namun sundulan Yama melambung saja.

Brunai cukup agresif pada laga ini dalam bertahan mau pun menyerang, dua peluang mampu mereka ciptakan pada 15′ menit pertama namun tak membahayakan bagi Andritany Ardhiyasa. Febri Hariyadi yang menyisir sisi kiri lapangan melepaskan tendangan dari jarak jauh, namun bola tak menemui sasaran.

Hansamu Yama membuka keunggulan Indonesia pada menit ke-17, itu setelah stoper milik Barito Putera itu bisa menyambar bola hasil tendangan penjuru Septian David Maulana yang menjadi kemelut di kotak penalti Brunei. Yama hanya mencocor bola liar untuk membawa Merah-Putih memimpin, 1-0.

Menit 25′ Indonesia berhasil menggandakan keunggulan, kali ini lewat tendangan bebas .

Septian David Maulana dari jarak yang cukup jauh. Bola meluncur deras mengarah ke tiang jauh, bola memantul tanah terlebih dulu sebelum akhirnya masuk ke gawang Brunei kawalan Hamie Anak Nyaring.

Septian David nyaris mencetak gol kedua setelah dirinya bebas menyambut bola umpan Putu Gede, sayangnya bola melambung di atas gawang pada menit 34′. Beberapa kans diciptakan Indonesia, namun paruh pertama keunggulan dua gol tanpa balas tak berubah untuk Ilija Spasojevic dan kawan-kawan.

Babak Kedua

Usai turun minum Luis Milla melakukan pergantian, Saddil Ramdani menggantikan Septian David dan Ilham Armaiyn menggantikan Febri Hariyadi. Menit 59′ Hamizan Aziz membahayakan karena bebas dalam kotak penalti, tapi sundulannya malah melambung dan Andritany Ardhiyasa terselamatkan.

Fachruddin Wahyudi menambah penderitaan dari Brunei pada menit 69′. Tendangan bebas pemain Indonesia tak bisa disapu bersih oleh pemain Brunei, Putu Gede yang menguasai bola mengirimkan umpan cungkil ke kotak penalti, Fachruddin yang bebas menyambarnya dengan sundulan. 3-0.

Tak lama setelah unggul tiga gol, Ilija Spasojevic yang minim asupan bola akhirnya ditarik keluar untuk digantikan Yabes Roni. Saddil yang masuk pada babak kedua tampil cukup percaya diri pada laga ini, ia pun sempat melepaskan tendangan berbahaya yang sayang masih tipis di atas mistar.

Yabes yang baru saja masuk mampu membuat pertahanan Brunei kelabakan, ketika bola tendangannya kesulitan disapu bek lawan walau akhirnya tetap tak masuk ke gawang karena tertolong lapangan yang bergenang. Serangan demi serangan terus mendatangi Brunei pada pengujung laga.

Gol penutup akhirnya dicetak Yabes Roni pada menit tambahan, setelah menerima umpan sundulan Hanif Sjahbandi yang sebelumnya menerima umpan sundulan Ilham Udin yang menyambut tendangan bebas. Kedudukan 4-0 untuk Indonesia tak berubah hingga laga ini selesai.

Susunan Pemain

Indonesia: Andritany Ardhiyasa; Putu Gede, Fachruddin Wahyudi, Hansamu Yama, Ricky Fajrin; Hanif Sjahbandi, Muhammad Hargianto (65′ Muhmmad Arfan); Miftahul Hamdi (76′ Egy Maulana Vikri), Septian David (46′ Saddil Ramdani), Febri Hariyadi (46′ Ilham Armaiyn); Ilija Spasojevic (71′ Yabes Roni).

Brunei: Hamie Anak Nyaring; Faezuddin Haris (46′ Abdul Herman), Suhaimi Sulau, Syarafuddin Hamdi, Yusof Bin Matyasin; Nur Ikhmal, Faiz Farhan (68′ Shafie Effendy), Aman Awang; Hamizan Aziz (90′ Amin Sisa), Abdul Aziz (63′ Abu Makar Mahari), Razimeie Ramli (87′ Aimmil Ramlee).

loading...