Empat Selebriti Dunia Yang Rehat dari Media Sosial

BERBAGI
Model asal Amerika Serikat Gigi Hadid/ INT

SULSELEKSPRES.COM – Terlalu terpaku pada media sosial memang memeiliki dampak yang kurang bagus, bagi interaksi kita dengan lingkungan sekitar. Sehingga penggunaan media sosial sebaiknya digunakan sesuai dengan kebutuhan saja, sehingga tidak mengalami ketergantungan.

Mungkin, hal itulah yang menjadi salah satu pertimbangan selebritis dunia, sehingga sejenak berhenti dari media sosial. Mereka ingin memutuskan sejenak dari perhatian publik baik penggemar sekaligus pembencinya.

1. Gigi Hadid.

Gigi mengatakan, hal ini dilakukannya demi ‘kesehatan jiwanya’. Padahal gadis berusia 22 tahun itu diketahui merupakan seorang pengguna media sosial yang aktif.

1. Selena Gomez

Agustus tahun lalu Gomez tiba-tiba membatalkan turnya untuk mengambil rehat demi kesehatan mentalnya. Selama tiga bulan itu pula, Gomez juga dikabarkan tidak memegang ponselnya sama sekali apalagi mengunggah sesuatu di akun Instagram atau Twitter-nya.

“Saya menghabiskan waktu dengan hal-hal yang berarti bagi saya. Saya bercengkrama dengan kawan-kawan lama dan percakapan yang kami lakukan penuh arti serta mengingatkan akan dimana kita berada,” kisahnya saat kembali dari hiatus.

2. Kendall Jenner

Anggota keluarga Kardashian yang juga model ini memutuskan untuk rehat sejenak dari media sosial pada November lalu. Saat itu ia menonaktifkan akun Instagramnya selama sepekan.

Beberapa hari kemudian, gadis berusia 22 tahun ini diundang untuk hadir dalam The Ellen Show dan berbicara tentang hal itu. “Saya merasa, saya hanya ingin rehat sebentar. Karena saya selalu menggunakannya. Tiap bangun pagi itu adalah hal pertama yang saya lihat. Begitu juga saat berangkat tidur, ini adalah hal terakhir yang saya lihat. Saya merasa cukup bergantung padanya sehingga saya butuh waktu untuk detoks,” tuturnya.

3. Ed Sheeran

Pada tanggal 13 Desember 2015, Ed mengunggah foto berisi tulisan yang menyatakan ia akan meninggalkan media sosial ‘barang sejenak’, agar ia bisa berhenti ‘melihat dunia dari layar ponselnya’ dan ‘menjelajah dunia dan melihat segala sesuatu yang dilewatkannya selama ini’.

Dua tahunan kemudian, pelantun Shape of You kembali ke jagat media sosial, tetapi hanya mengurusi Instagramnya saja. Sedangkan akun Twitter-nya tetap aktif meski ia tak pernah mencuit atau mengunggah apa-apa lagi.

Dilansir dari setikhealth.com, Berbagai penelitian menyebut dewasa ini makin banyak orang yang sulit melepaskan diri dari ponselnya. Salah satu penyebabnya adalah karena adanya media sosial.

“Peneliti melihat adanya kaitan antara penggunaan media sosial dengan bagian otak yang bertanggung jawab pada pengelolaan rasa senang, yang bertugas memberikan sensasi kepuasan atas pencapaian reputasi sosial,” kata ahli kejiwaan dr Leonardi A Goenawan kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Nah, ketika media sosial digunakan secara berlebihan, maka terjadi perubahan pada bagian otak yang menyerupai perubahan pada otak pecandu, contohnya pecandu narkotika.

Menghabiskan waktu dengan media sosial juga diyakini memicu stres. Sebuah studi mengatakan sering mengecek ponsel justru membuat seseorang cenderung mencemaskan banyak hal, misalnya takut ketinggalan berita.

loading...