Isu Pemalsuan Dukungan KTP Adang Pencalonan IYL-Cakka

BERBAGI
IYL-Cakka

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Pencalonan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) melalui jalur perseorangan yang awalnya diprediksi bakal berjalan mulus, kini nampak menemui jalan terjal.

Isu pemalsuan dukumen dukungan KTP warga berhembus. Sejumlah pemilik KTP mengaku nama dan tandatangannya dalam selebaran dukungan dicaplok tanpa sepengetahuannya dan ini tidak hanya terjadi disatu tempat.

Baca: Dukungan IYL-Cakka dari KPU Provinsi ke Takalar Ada yang “Hilang”?

Bahkan Bupati Bone, Andi Fahsar Padjalangi juga didapati ada selebaran atas namanya yang memberikan dukungan. Ini juga ikut dibantah langsung oleh Fahsar.

“Saya pikir inimi aslinya hoax karena saya tidak pernah didatangi oleh siapapun untuk dimintai KTP, untuk memberi dukungan pada calon perseorangan apalagi bertandatangan,” ujar Andi Fahsar melalui klarifikasi terbuka yang dibagikan dibeberapa percakapan WhatsApp.

Fahsar mencurigai kalau pencantuman nama serta tandatangan tanpa sepengetahun dirinya dilatarbelakangi opini yang berkembang bahwa untuk memperoleh arus dukungan dominan Pilgub di Bone, harus menggaet para pendukungnya.

Baca: Ni’matullah : Dukungan Demokrat ke IYL-Cakka Belum Final

“Integritas, konsisten, dan komitmen dalam berpolitik harus dikedepankan dengan tetap memegang teguh etika-etika baik dalam berpolitik,” katanya.

Ketua Harian AMPI Kota Palopo, Isnul ikut mengaku heran dengan beredarnya surat pernyataan dirinya ikut mendukungan pasangan IYL-Cakka.

Dia menduga, tim pemenangan IYL-Cakka yang mengumpulkan data dokumen pendukung jalur perseorangan melakukan tindakan pamalsuan. Pasalnya, dirinya beserta istri yang juga terdata sebagai pendukung merasa tidak mengetahui apapun.

“Penipuan macam apa lagi ini? saya tegaskan, saya dan istri tidak pernah sama sekali menyerahkan KTP kepada tim IYL-Cakka, apalagi menandatangani surat pernyataan dukungan,” tegas Isnul.

Baca: Mengungkit Kenangan Kisah Manis RMS dan IYL

Belum berhenti, beberapa warga di Desa Kabba, Kecamatan Minasatene, Pangkep juga mengaku namanya telah dicaplok sebagai warga pemberi dukungan atas pencalonan IYL-Cakka.

Lantas bagaimana tanggapan tim IYL-Cakka?

Selanjutnya…

loading...