Sinjai Diguncang Tektonik, BMKG Makassar Himbau Warga Tak Panik

BERBAGI
Ilustrasi Gempa/ INT

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM -Sejumlah warga di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan merasakan getaran yang cukup kuat, sehingga sempat menimbulkan kekhawatiran terjadinya gempa, Selasa (12/12/2017) dini hari tadi.

Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar sebelumnya memprediksi bahwa akan terjadi gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Selasa (12/12/2017).

Kepala Balai BMKG Wilayah IV Makassar, A.Fachri Radjab mengatakan bahwa dari hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi terjadi pada pukul  01:04:25 WITA dengan kekuatan M=3.8 Skala Richter dengan koordinat  episenter 5.24 LS dan 120.21 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 12 km Tenggara Sinjai, pada kedalaman 12 km. Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini berada pada kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Walanae.

“Getaran gempabumi diperkirakan dirasakan pada skala I SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara I-II MMI di Sinjai, dan daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi,” ungkapnya.

Pada skala ini, kata Fachri digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak tetapi tidak menimbulkan kerusakan; benda-benda ringan yang digantung bergoyang, jendela kaca bergetar.

“Berdasarkan informasi masyarakat yang diterima di BMKG, getaran gempa bumi dirasakan sangat lemah (I SIG BMKG / I – II MMI) di Sinjai,” tambahnya.

Terkait dengan peristiwa gempabumi tersebut, beber Fachri agar masyarakat disekitar lokasi sumber gempabumi dihimbau tetap tenang mengingat gempa bumi yang terjadi berkekuatan relatif kecil dan tidak berdampak merusak.

loading...