Ini Dua Penyebab Wajah Lebih Tua dari Teman Sebaya

BERBAGI
Ilustrasi Perawatan Wajah/ INT

SULSELEKSPRES.COM – Kulit wajah merupakan salah satu areal yang sangat sensitif dengan elastisitas kulit. Penuaan dini dari teman sebaya akan tampak mencolok pada wajah.

Nah, mungkin saja, dua hal ini menjadi pemicu terjadinya hal tersebut, yakni merokok dan minum alkohol. Merokok dan minum miras dapat menyebabkan sirosis, perlemakan hati, kanker paru dan penyakit lainnya. Namun jika konsekuensi ini tidak juga menghentikan kebiasaan buruk Anda, mungkin efek yang satu ini bisa: membuat wajah Anda tampak menua beberapa tahun dari usia Anda yang sebenarnya.

Bagaimana kebiasaan minum alkohol dan merokok bikin Anda cepat tua?

Kebiasaan merokok jangka panjang lama-lama menyebabkan kulit tampak berwarna keabuan dan munculnya garis-garis halus di sekitar mata dan mulut. Meskipun awal kerusakan kulit akibat merokok sulit untuk dilihat, efeknya akan terjadi setelah 10 tahun kemudian.

Nikotin dalam rokok menyebabkan pembuluh darah di lapisan kulit terluar menyempit, sehingga aliran darah di bawah kulit jadi tidak lancar. Kulit yang tidak mendapat cukup nutrisi dan oksigen (yang dibawa oleh darah) akan cepat rusak dan kering. Selain itu, bahan kimia yang dikeluarkan melalui asap rokok juga merusak kolagen dan elastin, yaitu serat yang menjaga kelembapan dan kekenyalan alami kulit. Akibatnya, kulit mulai merosot dan lebih cepat berkerut.

Begitu juga dengan minuman beralkohol. Miras sejatinya adalah racun bagi tubuh. Ketika Anda minum minuman keras, hati akan bekerja keras untuk membilas segala racun yang ada dalam tubuh. Namun ketika kadar alkohol dalam hati sudah di luar batas wajar, racun tidak dapat dipecah dan dibuang dengan baik. Akibatnya, racun ini dapat memengaruhi kesehatan kulit — muncul jerawat, keriput, kulit kering, flek dan noda hitam, terbentuknya kantung mata, dan membuat warna kulit berubah kuning (gejala jaundice atau penyakit kuning). Terlebih, alkohol juga dapat menyebabkan dehidrasi dan kurang tidur. Dua hal ini menjadi faktor risiko penting yang dapat mempercepat penuaan kulit.

Dilansir dari Men’s Health, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Epidemiologi & Community Health menyimpulkan bahwa selain membuat Anda tampak menua, kebiasaan minum alkohol dan merokok dapat benar-benar mengubah karakterisik fisik wajah Anda. Dua kebiasaan buruk ini dilaporkan dapat meningkatkan risiko pembentukan lipatan pada daun telinga dan cincin keabuan di sekitar retina mata. Pria yang merokok juga dua kali lipat berisiko mengembangkan tumpukan plak kekuningan pada kelopak mata.

SUMBER: Hellosehat.com

loading...