Pemkot Parepare Himbau Warga Waspada Dampak Cuaca Buruk

BERBAGI
Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Parepare, Sriyanti Ambar. Foto: (Luki Amima/Sulselekspres.com)

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Parepare, Sriyanti Ambar, mengatakan pada musim penghujan seperti saat ini, akan muncul beberapa penyakit yang bisa menyerang tubuh.

Sehingga, kata dia, pihaknya meminta masyarakat untuk tetap waspada, utamanya pasca banjir yang akan mengakibatkan timbulnya penyakit, baik penyakit ringan hingga penyakit berat.

BACA: Ketinggian Ombak di Parepare Mulai Menurun

Dia mengemukakan, beberapa penyakit yang bisa saja menyerang dengan kondisi cuaca seperti sekarang ini yaitu, influenza, diare, cacingan dan gatal-gatal. Bahkan, katanya, penyakit demam berdarah juga bisa menyerang, sehingga masyarakat harus melakukan pencegahan sejak dini.

“Jadi, kami himbau untuk memperhatikan berbagai resiko penyakit-penyakit yang mengintai tersebut,” katanya, Selasa (19/12/2017).

Terpisah, Kepala Bagian Humas dan Protokoler Setdako Parepare, Amarun Agung Hamka mengungkapkan, hujan deras disertai angin kencang yang terjadi belakangan ini, mengakibatkan sejumlah titik di kota Parepare mengalami banjir.

Sehingga, jelasnya, pihaknya menghimbau masyarakat untuk terus berjaga diri, sebab peristiwa ini tidak bisa dihindari akibat faktor alam.

Dia membeberkan, selama ini pihak Pemkot telah melakukan berbagai upaya untuk antisipasi terhadap banjir. Hanya saja, ungkap dia, intensitas hujan yang terjadi cukup tinggi sehingga banjir pada sejumlah titik tidak dapat dihindari.

“Kami terus melakukan pengerukan disejumlah gorong-gorong titik rawan banjir, dan kami bangun saluran drainase untuk mengantisipasi hal tersebut,” jelasnya.

Dia mengungkapkan, Pemkot sangat prihatin terhadap korban yang terkena dampak banjir tersebut, dan berharap semua pihak untuk saling mendoakan agar tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Karenanya, tambah dia, Pemkot telah memberikan instruksi kepada instansi terkait, untuk melakukan pendataan terhadap masyarakat yang menjadi korban banjir.

“Kami atas nama pemerintah juga memohon maaf kepada seluruh masyarakat Parepare. Tentu, kami juga tidak tinggal diam mengatasi hal ini, dan terus melakukan pembenahan,”tandasnya.

loading...