Partai Idaman Tak Lolos Verifikasi Administrasi, Rhoma Bakal “Dendang” Bawaslu

BERBAGI
Sumber: Laman Partai Idaman

SULSELEKSPRES.COM – Dua partai baru yang dipimpin penyanyi dangdut legendaris, Rhoma Irama dan satu lagi partai yang difasilitasi Tommy Suharto, gagal lolos verifikasi administrasi di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Partai yang dipimpin Rhoma Irama bersama enam partai kecil lainnya dinyatakan gagal lolos ke tahap verifikasi faktual karena dianggap tidak memenuhi persyaratan dokumen, di antaranya syarat minimal kepengurusan di tingkat kabupaten atau kota.

Walaupun masih akan mengajukan gugatan, kegagalan beberapa partai baru menembus verifikasi administrasi dianggap mencerminkan ketidaksiapan mereka menjadi partai politik modern, kata pengamat.

Tujuh partai politik yang gagal lolos ke tahap verifikasi faktual adalah Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), Partai Indonesia Kerja (PIKA), Partai Bhinneka, Parsindo, Partai Republik, Partai Idaman, dan Partai Rakyat.

Dua partai yang lolos adalah Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) pimpinan AM Hendropriyono.

Sembilan partai politik ini sebelumnya diberikan kesempatan mengikuti tahap penelitian administrasi sebagaimana rekomendasi Bawaslu, kendati berkas pendaftarannya dinyatakan tidak lengkap oleh KPU.

Adapun parpol yang difasilitasi putra mendiang mantan Presiden Suharto, Tommy, yaitu Partai Berkarya, sudah lebih dulu gagal di tahap sebelumnya.

loading...