Pemkot Klaim Program Longgar Rubah Pola Pikir Masyarakat

BERBAGI
Lorong Garden/ IST

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Program lorong garden (Longgar) yang dicanangkan oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mampu merubah pola pikir masyarakat Kota Makassar, khususnya yang bermukim di wilayah lorong.

Program Pemkot yang selama kurang lebih dua tahun terakhir ini, bahkan mampu menyulap lorong-lorong yang sebelumnya kumuh menjadi lebih rapih dan sejuk.

Seperti halnya yang dilakukan oleh warga Kelurahan Mancini Gusung, Kecamatan Makassar yang terus menggenjot pembenahan lorong. Tepatnya di Jln Gunung Bawakaraeng, Makassar, Lorong 75, Kamis (28/12/2017) .

Kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan dan membersihkan lorong hampir merata di seluruh Kota Makassar, khususnya di Kelurahan Mancini Gusung. Hal ini terlihat di wilayah Mancini Gusung yang sudah terbebani hampir secara merata.

Lurah Maccini Gusung, Rendra menuturkan bahwa sejak awal hingga saat ini, pihaknya tetap konsisten dengan program Longgar. Beberapa program pro rakyat lainnya, seperti Badan Usaha Lorong (Bulo) pihaknya integritaskan ke dalam program Longgar.

“Seperti Bulo kita integrasikan ke dalam Longgar, sehingga bukan hanya kebersihan dan penataannya saja, tapi di lorong itu juga terdapat beberapa usaha lorong. Salah satu kebun cabai dan tanaman produktif lainnya,” kata Rendra.

“Alhamdulillah, warga Maccini Gusung dan Ketua RT maupun RW nya bahu membahu, serta gotong royong membenahi Lorong di masing -masing wilayah kerjanya,” sambungnya.

Rendra menambahkan, di Kelurahan Maccini Gusung terdapat 6 RW dan 30 RT. Semuanya, kata dia, sudah memikiki lorong garden terintegrasi BULo. Selain itu, turut juga ada lorong KB, lorong binaan PKK dan lorong binaan serta Longgar.

“Ada beberapa program lorong yang kita rintis, dan semua sudah berjalan dilingkungan RT/RW. Semua warga bergerak benahi lorong, mereka dikomandoi masing masing ketua RW dan RT masing-masing,” cetusnya.

“Jadi setiap RW dan RT punya lorong binaan, setiap hari kami pantau dan turun langsung memotivasi warga, agar lorong yang sudah tersentuh program dijaga dan dirawat dengan baik,” tandasnya.

loading...