Ternyata Orang Buta Bisa Mimpi Buruk

BERBAGI
Ilustrasi tidur/ INT

SULSELEKSPRES.COM – Mimpi adalah hal yang biasa kita alami saat tidur malam. Yang menarik adalah, mimpi buruk cenderung lebih mudah diingat ketimbang dengan mimpi yang baik.

Meskipun kerap kita alami, ternyata masih ada banyak sekali misteri dan pertanyaan yang terkait dengan mimpi. Salah satunya adalah, seperti apa mimpi yang dialami oleh orang yang buta sejak lahir?

Sebuah penelitian pun dilakukan dengan melibatkan 25 orang yang tidak bisa melihat. Dalam penelitian yang kemudian hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Sleep Medicine pada tahun 2014 ini.

Disebutkan bahwa para peneliti dari University of Copenhagen, Denmark, dalam laman doktersehat, mengumpulkan 11 orang yang buta sejak lahir dan 14 sisanya adalah orang yang baru mengalami kebutaan setelah berusia 1 tahun.

Selama 4 minggu, para partisipan ini diwawancarai tentang seperti apa yang mereka alami saat tidur setiap hari. Hasilnya adalah, para partisipan yang tidak bisa melihat ini bisa mengalami sensasi yang cukup jelas seperti suara, sentuhan, rasa, bahkan bau dari mimpi yang dialaminya.

Hal ini sangatlah kontras jika dibandingkan mimpi pada orang yang bisa melihat yang cenderung hanya bisa merasakan sensasi visualnya.

Sementara itu, mereka yang buta namun masih sempat bisa melihat sebelumnya ternyata bisa mengalami sensasi visual saat bermimpi yang sampai membuat para peneliti ragu jika mereka mengalami gangguan penglihatan karena bisa menjabarkannya dengan sangat jelas.

Hanya saja, semakin lama mereka telah mengalami kebutaan, semakin kurang jelas pula penjelasan sensasi visual saat bermimpi.

Para peneliti kemudian menyebutkan bahwa mimpi buruk ternyata bisa lebih membekas pada orang buta, meskipun begitu, mimpi ternyata bisa menjadi penenang dari berbagai kecemasan dan masalah yang kerap mereka alami sehari-hari.

Sebagai contoh, dalam kehidupan sehari-hari mereka ternyata sangat cemas jika sampai tersesat, mengalami kecelakaan, atau terjatuh dari ketinggian. Hal inilah yang bisa muncul dalam mimpi buruk mereka meskipun tidak ada visualisasinya.

loading...