Tradisi Unik Rayakan Tahun Baru, Dari Ciuman Massal Hingga Nginap di Kuburan

BERBAGI

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Berbagai macam cara dan tradisi dilakukan masyarakat di dunia untuk merayakan momen pergantian tahun.

Jika di Indonesia masyarakat merayakan tahun baru dengan kembang api sambil bakar ikan, lain lagi bagi masyarakat negara lain.

Dilansir dari Kompas.com, Amerika Serikat punya tradisi aneh di malam pergantian tahun, yakni melihat sesuatu yang jatuh. Pusatnya berada di New York Times Square untuk melihat bola dijatuhkan.

Baca; Ini Negara yang Sambut Tahun Baru Pertama Kali dan Terakhir di Dunia

Sebenarnya tradisi ini ada sejak tahun 1904, ketika kala itu pesta kembang api tidak diperbolehkan. Tradisi lain saat pergantian tahun baru, adalah saling berciuman. Masyarakat percaya barang siapa yang tak berciuman, akan menghabiskan sepanjang tahun baru dalam kesendirian.

Lain lagi dengan masyarakat Denmark. Pergantian malam tahun baru akan ramai dengan lemparan piring dan perabotan pecah belah. Masyarakat Denmark memiliki tradisi melempar perabot pecah belah ke pintu rumah keluarga dan teman.

Keluarga yang memiliki tumpukan sampah perabot pecah belah paling tinggi dinilai sebagai yang paling beruntung. Hal itu dianggap karena memiliki banyak keluarga dan teman dekat untuk mendukung di tahun mendatang.

Di beberapa negara Amerika Selatan, mengenakan celana dalam berwarna cerah, melambangkan harapan di tahun baru. Seperti celana dalam merah yang berarti akan menemukan cinta, warna kuning menemukan kekayaan, dan putih menemukan kedamaian.

Ada pula tradisi tahun baru yang tak kalah uniknya di Chili. Menginap di hotel saat pergantian tahun baru mungkin sudah biasa, tetapi orang Chili memilih untuk menginap di kuburan. Mereka percaya ini dilakukan untuk menemani orang tercinta yang telah tiada agar tidak kesepian di pergantian tahun baru.

loading...