Teh Hitam Bermanfaat Turunkan Berat Badan

BERBAGI
Ilustrasi Teh Hitam/ INT

SULSELEKSPRES.COM – Pencegahatan obesitas yang dikenal umumnya dengan mengunakan teh hijau. Namun, sejumlah literatur menyebutkan, maat itu juga bisa didapat dari teh hitam.

Dalam teh hitam, mengandung zat kimia yang disebut polifenol, dapat mengubah proses metabolisme energi di hati (liver) dengan cara mengubah metabolit bakteri di usus. Selain itu, masih banyak manfaat teh hitam untuk menurunkan berat badan.

Sekelompok antioksidan berbasis tumbuhan, yang disebut flavonoid atau polifenol, berperan atas banyak manfaat kesehatan yang berasal dari teh. Saat daun teh diproses lebih lanjut untuk menghasilkan teh hitam, katekin membentuk flavonoid baru yang disebut theaflavin dan thearubigin. Teh hitam masih mengandung sejumlah kecil katekin, tapi manfaat kesehatan yang terbesar berasal dari flavonoid baru.

Penelitian sejauh ini menunjukkan bahwa teh hitam memiliki potensi untuk membantu menurunkan berat badan. Enzim pencernaan lipase dapat dihambat pada hewan percobaan yang mengonsumsi flavonoid teh hitam. Karena lemak tidak dapat dicerna tanpa enzim lipase, beberapa lemak tidak diserap oleh tubuh, melainkan dikeluarkan dari tubuh.

Sumber: Hellosehat.com

loading...