Peduli Sampah, Mahasiswa ARS STIKes Mega Rezky Buat Video

BERBAGI
Matius R Pasiga ketika melakoni peran sebagai anak muda yang memberikan nasehat kepada sebayanya akan pentingnya Lihat, Ambil Sampah (LISA), Minggu (7/1/2018)/ IST

MAKASSAAR, SULSELEKSPRES.COM – Banjir yang menimpa warga Makassar di Bulan Desember, salah satunya bersumber dari sampah yang menumpuk dan menyumbat aliran air.

Bertolak dari hal tersebut, mahasiswa S1 Administrasi Rumah Sakit (ARS) angkatan 2017 tertarik membuat video Peduli Masalah Sampah, Sabtu (13/01/2018) di STIKes Mega Rezky Makassar, Jl Antang Raya No 43.

Aksi kecil dengan mengajak masyarakat mengubah kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan. Yang tak lain Mattius R Pasiga bersama ketiga temannya, Gilbert Kwartus, Sartika, dan Rizky Alawiyah mengajak kids jaman now agar memperhatikan masalah sampah.

Video yang berdurasi sekira 2 menit tersebut bercerita tentang dua muda mudi yang sedang berbincang di sebuah gang dan tanpa sadar telah membuang sampah sembarangan. Lalu seorang anak muda melihat kebiasaan buruk tersebut dan dengan berani memberikan nasehat terkait resiko membuang sampah sembarangan yang dapat berakibat musibah banjir.

Video kreatif ini telah diunggah sejak Selasa (9/01/2018) dan telah dilihat ratusan kali oleh netizen di facebook. Selain mengajak anak muda agar tak buang sampah sembarangan, video ini juga mengajak penonton agar membiasakan diri senantiasa melakukan Lihat, Ambil Sampah (LISA).

Video ini menekankan kebiasaan LISA dapat mengurangi risiko kejadian banjir yang disebabkan oleh sampah yang menyumbat aliran air di saluran pembuangan air.

Video kreatif ini merupakan salah satu tugas mahasiswa pada mata kuliah Dasar-dasar Komunikasi Kesehatan. Salah seorang dosen pembimbing, Mega Marindrawati R, SKM, M. Kes, mengatakan, mahasiswa ARS tahun 2017 sangat kreatif dan itu terlihat dari 8 Video yang telah diposting di media sosial

“Tujuh video lainnya selain tema sampah, mahasiswa ARS mengangkat pentingnya Yodium Bagi ibu Hamil, Bahaya Rokok, Kebiasaan Sehat Berolahraga, Bahaya Junkfood, Radiasi Handphone, Bahaya Nyamuk Aedes Agepty, dan Pentingnya Sayuran Bagi Tubuh,” ujar Mega.

Penasaran dengan video ini silahkan lihat pada tautan berikut.

Persembahan dari kami mahasiswa S1 ADMINISTRASI RUMAH SAKIT STIkes MEGA REZKY MAKASSAR ANGKATAN KE 3 TAHUN 2017 #Iklan tentang perilaku buang sampah sembarangSEMOGA BERMANFAAT BAGI KITA SEMUA..??Jangan lupa di like nah?

Posted by Mattius Randan Pasiga on Monday, 8 January 2018

 

loading...