6 Hobi Ini Bisa Mendatangkan uang

BERBAGI
Ilustrasi / INT

SULSELEKSPRES.COM – Mengerjakan sebuah hal dilandasi oleh hobi, memang sangat menyenangkan tentunya. Apalagi, jika hobi itu bisa mendatangkan uang bagi Anda.

Sebagian besar orang juga bisa sukses menjadikan hobi sebagai pekerjaan mereka. Apalagi, dengan mengikuti perkembangan, maka hobi itu juga bisa bergerak maju. Meski sebenarnya, kita harus juga menyiapkan diri untuk banyak berkorban dalam awal- awal meniti karir terutama karir yang berawal dari hobi.

Namun, banyak yang telah membuktikan hobi bisa mendatangkan uang, dilansri dari detik.com, ada lima hobi yang dimaksud diantaranya

1. Hobi Web Designer
Saat ini kebutuhan akan media website yang semakin tinggi ini membuat permintaan jasa web desaigner akan selalu diperlukan. Hal ini diperkuat dengan sebuah fakta bahwa tidak semua orang yang mampu mendesain website dengn baik.

Salah satu sosok yang telah sukses menjalankan hobi ini adalah Mark Zukeberg dengan Facebooknya dan Jack Dorsey dengan Twitternya. Proyek pengerjaan desain web ini cukup menjanjikan karena dalam satu kali proyek, pekerja bisa meraih untung hingga jutaan rupiah.

2. Hobi Fotografi
Jika Anda sangat hobi jeprat-jepret dengan kamera, maka Anda bisa mengembangkan kegemaran Anda tersebut untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Sajian foto yang bagus memang akan selalu dibutuhkan orang untuk keperluan konten media cetak atau media online.

Foto yang bagus juga banyak dibutuhkan untuk keperluan foto pre-wedding atau dokumetasi untuk acara-acara tertentu. Tentu untuk bisa mendapatkan uang dari bisnis ini Anda harus memiliki ilmu fotografi yang baik.

3. Hobi Menulis
Jangan remehkan hobi yang satu ini. Hobi menulis yang dijalankan dengan serius bisa mengantarkan sang penulis menuju puncak kesuksesan. Salah satu sosok yang telah mencapai hal ini adalah JK. Rowling, penulis terkaya di dunia yang menerbitkan karya novel dan film fenomenal Harry Potter.

Penulis Dan Brown juga membuktikan setelah menjadi guru Bahasa Inggris, rupanya Dan Brown menekuni hobi menulisnya dan melejit lewat The Danci Code. Serta di Indonesia masih banyak penulis yang sukses menjadikan buku mereka sebagai sebuah karya dan hobi yang mendatangkan penghasilan.

Banyaknya media yang bisa dijadikan akses untuk menghasilkan uang dari hobi ini menjadi dasar besarnya peluang menjadi penulis yang produktif

4. Hobi Desain Grafis dan Editing
Sama halnya seperti web designer, seorang desain grafis dan editing grafis dan video mampu meraih untung besar dengan menjual jasanya kepada orang atau perusahaan yang membutuhkan kemampuannya.

5. Hobi Membuat Kerajinan
Kerajinan merupakan salah satu bidang kreatif yang saat ini banyak disorot karena potensi besarnya untuk mendapatkan penghasilan dan keuntungan yang besar. Permintaan terhadap produk-produk bernilai seni tinggi yang selalu tinggi inilah yang membuat para pekerja seni selalu bersemangat untuk membuat kerajinan yang baik dan disukai pembeli.

Bukan hanya pasar dalam negeri yang menginginkan produk kerajinan ini, namun pasar luar negeri pun tak ketinggalan memesan produk kerajinan ini. Maka hobi dan skill membuat kerajinan harus selalu Anda tingkatkan untuk bisa menjadikan Anda memperoleh banyak keuntungan dan penghasilan.

6. Hobi Memasak
Jenis hobi terakhir yang bisa menghasilkan uang adalah memasak. Sama seperti hobi membuat kue, memasak memiliki peluang besar untuk sukses karena dunia kuliner yang sedang tumbuh bagus di Indonesia. Maka dari itu cobalah membuat resep terbaik Anda dan coba tawarkan pada orang-orang terdekat Anda.

Jika respons mereka positif, maka jangan ragu untuk memperluas pasar dengan menjualnya ke orang-orang pecinta kuliner di luar sana. Dengan hobi memasak ini, Anda bisa membuat warung masakan di sekitar rumah, atau menawarkan pesanan masakan untuk acara-acara syukuran dan lain sebagainya.

Nah yang manakah hobi Anda dalam enam hobi tersebut? Jika belum masuk dalam daftar ini, bukan berarti Anda harus mengganti hobi, namun yang terpenting adalah bagaimana menekuni sebuah hobi untuk menjadikan dasar pekerjaan.

loading...