Perbaikan Dukungan IYL-Cakka Tidak Pengaruhi Kegiatan KPU

BERBAGI

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Perbaikan dukungan tambahan berkas perseorangan pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) ke KPU Sulsel, Jumat (19/1/2018) hingga beberapa minggu ke depan dipastika tidak mempengaruhi jadwal tahapan Pilkada Sulsel 2018.

Komisioner Devisi Teknis KPU Sulsel, Misna Hattas menyampaikan meski banyak agenda atau pekerjaan di lakukan KPU Sulsel, akan tetapi proses verifikasi tambahan perbaikan dukungan IYL-Cakka tak mengganggu jadwal KPU.

“Proses verifikasi perbaikan ini, nda mengganggu aktivitas yang lain. Kami KPU memastikan semua kegiatan berjalan efektif efisien,” sebut Misna saat ditemui di Hotel Grand Asia bertepatan penyerahan tanbahan dukungan IYL-Cakka dari tim ke KPU.

Kendati demikian, Misna mengakui jadwal KPU belakangan ini padat. Dijelaskan, kegiatan KPU antara lain, menerima perbaikan Visi-misi para Cagub dan Cawagub, melakukan hajatan nasional secara serentak yakni coklit selama 1 bulan. Serta menyiapkan jadwal pengumuman serta kampanye kandidat.

Saat ditanya waktu yang digunakan untuk verifikasi berkas tanbahan IYL-Cakka. Misna mengatakan tahapan sesuai jadwal sebelumnya. Dimana proses verifikasi perhitungan berkas, kemudian verifikasi faktual serta terakhir verifikasi faktual.

“Jangan memang agenda kami KPU padat. Waktu yang kami gunakan untuk perhitungan kesesuaian berkas serta verifikasi admin istri selama 9 hari. Kemudian di kirim berkas ke daerah untuk di lakukan verifikasi faktual,” tuturnya.

Meskipun demikian, dukungan bakal calon, tidak perlu lagi tersebar merata di minimal 13 kabupaten/kota. Sebab, pada tahapan sebelumnya, sebaran dukungan tersebut telah dipenuhi.

Dia menagaskan, setelah proses verifikasi faktual di Kabupaten kota semua selesai. Jika clear maka KPU pleno sebelum penetapan sebagai calon pada tanggal 12-13 Februari 2018 nanti.

“Semua proses kami upayakan selesai sebelum penetapan calon 12 Februari,” tutup Misna.

Seperti diketahui, saat pleno KPU belum. Lama ini berkas IYL-Cakka mengalami pengurangan sehingga kekurangan minus 3.390 sesuai laporan KPUD masing-masing Kabupaten kota.

Sehingga berdasarkan ketentuan diberikan kesempatan untuk dilakukan penambahan. Jika dikali dua dari jumlah 3.390 yang menjadi kekurangan tersebut, maka jumlah dukungan minimal yang harus dilengkapi duet IYL-Cakka sebesar 6.780 dukungan.

Dengan syarat tersebut. Saat perbaikan ini, berkas dukungan dari rakyat untuk pasangan IYL-Cakka sebanyak 46.464 jumlah dukungan, berkas itu 15 kali lipat dari jumlah yang dipersyaratkan KPU.

Penulis: Abdul Latif

loading...