Melamun Ternyata Bisa Meningkatkan kreativitas

BERBAGI
Ilustrasi melamun/ INT

SULSELESKPRES.COM – Melamun identik dengan orang yang kurang kerjaan, atau dinilai sebagai orang yang tengah menghadapi masalah berat.

Anggapan ini sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Melamun ternyata bisa membuat kita memiliki ide- ide kreatif.

Dilansir dari hellosehat.com, ketika sedang melamun, otak sedang bekerja keras untuk memikirkan berbagai cara memecahkan masalah. Ketika Anda sedang melakukan tugas ringan yang tidak butuh banyak konsentrasi, misalnya mandi atau jalan kaki sambil mendengarkan musik, otak akan segera masuk ke dalam default-mode. Dalam kondisi ini, Anda pun jadi lebih tenang dan santai. Dengan begitu, Anda pun jadi bisa melihat suatu masalah dengan sudut pandang yang berbeda karena Anda tidak merasa terdesak atau tertekan untuk buru-buru menyelesaikannya. Anda pun jadi bisa mencari solusi kreatif terhadap persoalan tertentu, yang mungkin tak akan terpikir oleh Anda dalam keadaan sadar sepenuhnya.

Sebuah studi yang dimuat dalam Creativity Research Journal bahkan menemukan bahwa melamun juga meningkatkan kreativitas pada anak-anak. Studi tersebut menemukan bahwa melamun dapat menjadi jembatan untuk mengeksplorasi minat dan bakat anak, seperti menggambar dan membaca. Artikel dalam National Geographic tahun 2013 juga menyebutkan bahwa melamun dapat mengaktifkan bagian tertentu dari otak anak yang membuatnya lebih leluasa mengakses informasi yang sebelumnya tidak terjangkau.

Bagaimana kerja otak saat kita melamun?

Jika didefinisikan, melamun atau bengong adalah kondisi terputusnya pikiran dan alam sadar seseorang dengan lingkungan sekitar yang digantikan oleh khayalan visual. Ini karena beberapa bagian otak tertentu bisa diaktifkan secara bergantian di luar kendali Anda.

Bentuk jaringan yang digunakan otak saat bengong dinamakan default-mode. Sementara jaringan saat Anda mengambil keputusan penting disebut executive control. Jaringan otak yang aktif untuk bereaksi terhadap rangsangan dalam situasi tertentu dikenal sebagai salience.

Ketika Anda lupa diri dan akhirnya melamun, jaringan default-mode akan aktif mengambil alih dua jaringan lainnya. Akibatnya dalam kondisi bengong, aktivitas otak untuk berkonsentrasi, mencerna informasi baru, menghafal, menghitung, dan membuat keputusan akan dimatikan untuk sementara
Beragam manfaat melamun untuk kesehatan tubuh dan pikiran

Meski demikian, melakukan sesuatu hal terlalu berlebihan sebenarnya tidak baik juga. Maka, harus menyeimbangkan segalanya sesuai porsi. Begitu juga dengan melamun. Nah, untuk itu, ingat kembali pada tugas- tugas yang lain, agar tidak menjadikan pekerjaan menumpuk dan malah membuat kita abai dalam menjalankan tugas lain.

SUMBER: Hellosehat.com

loading...