Kunjungan Kenegaraan Menegangkan, Menlu dan Komandan Paspampres Sujud Syukur di Pesawat

BERBAGI
Sujud Syukur Menlu Retno dan Komandan Paspampres/ IST

SULSELEKSPRES.COM – Sebuah foto dan aku Facebook resmi Presiden Joko Widodo, mendadak viral.

Lewat akun itu, dia menuliskan kisah rombongan presiden usai lawatan ke Afghanistan, Selasa (30/1/2018). Berikut tulisan Jokwi:

Begitu pesawat Kepresidenan Republik Indonesia-1 lepas landas dari Bandar Udara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, Senin sore kemarin, menuju Tanah Air, Komandan Paspampres dan Menteri Luar Negeri (Retno sontak bersujud syukur di lantai kabin pesawat.

Saya memahami kelegaan dan kesyukuran mereka, bahwa enam jam di Kabul dapat kami lewati dengan lancar. Saya datang ke kota ini tiga hari setelah bom meledak dan menewaskan lebih 100 orang dan beberapa jam sebelum tiba, ledakan juga terdengar dari kompleks Akademi Militer.

Afghanistan adalah negara terakhir dari lima negara yang saya kunjungi selama enam hari. Sebelumnya, saya menyinggahi Sri Lanka, India, Pakistan, dan Bangladesh.

Di setiap negara itu, saya bertemu dengan para pemimpin pemerintahan dan kepala negara membawa misi ekonomi, perdagangan, politik dan perdamaian. Saya antara lain menyepakati pengiriman gerbong kereta produksi PT INKA ke Sri Lanka, menghadiri KTT ASEAN-India di New Delhi, berpidato di Parlemen Pakistan, mengunjungi dan membawa bantuan untuk pengungsi Rohingya di Bangladesh, lalu terakhir, ke Afghanistan.

Syukur Alhamdulillah, saya tiba di Tanah Air pagi ini dengan selamat.

Presiden Jokowi menjejakkan kakinya sebagai Presiden Republik Indonesia kedua setelah Presiden Sukarno yang mengunjungi negara Afghanistan/ PRESIDENRI.GO.ID

Sejak diunggah 18 jam yang lalu, status tersebut sudah dibagikan sebanyak 7.081 kali, dan dibanjiri komentar sebanya 3.195 kali.

Dilansir dari situs resmi istana, serangan teror bom mobil di Kabul, ibu kota Afghanistan beberapa hari menjelang jadwal kunjungan kenegaraannya tidak membuat Presiden Joko Widodo ciut. Dengan hati mantap Presiden Jokowi menjejakkan kakinya sebagai Presiden Republik Indonesia kedua setelah Presiden Sukarno yang mengunjungi negara Afghanistan, bahkan beberapa jam setelah serangan bom susulan.

Keberadaan Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Kabul, Afghanistan terbilang singkat, tidak kurang dari enam jam. Dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 pada hari Senin 29 Januari rombongan tiba di Kabul, Afghanistan pada pukul 11.40 WS (Waktu setempat) atau 14.10 WIB dan meninggalkan Kabul pada pukul 17.25 WS atau 20.05 WIB.

loading...