Kecamatan Bacukiki Sambut Meriah Tim Penilai Kinerja RT/RW

BERBAGI

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Sebanyak 2 (dua) Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) di wilayah Kecamatan Bacukiki ditunjuk mewakili kecamatan pada penilaian lomba kinerja RT/RW pada tingkat Kota Parepare.

Masing-masing diantaranya yakni: RT 01 RW 03 Kelurahan Lompoe dan RT 02 RW 06 Kelurahan Galung Maloang serta RW 01 Kelurahan Watang Bacukiki dan RW 01 Kelurahan Galung Maloang.

RT dan RW yang ditunjuk mewakili Kecamatan Bacukiki tersebut merupakan hasil seleksi yang dilakukan oleh Pemerintah Kecamatan Bacukiki sebelumnya bersama para stakeholder lainnya yang melakukan penilaian berdasarkan indikator yang telah ditetapkan.

Camat Bacukiki, Iskandar Nusu menjelaskan bahwa keempat RT dan RW yang diikutkan lomba tingkat Kota Parepare ini merupakan RT dan RW terbaik dalam melaksanakan perannya sebagai mitra pemerintah.

“Jadi keempat RT/RW ini sengaja kami pilih karena selain telah memenuhi 5 indikator penilaian, juga karena mereka telah melakukan inovasi-inovasi dalam menjalankan tugasnya. Dan ini yang kami apresiasi apalagi mereka berdayakan masyarakat setempat,” urai Iskandar, Jumat (2/2/2018).

Seperti misalnya terobosan yang dilakukan RT 01 RW 03 Kelurahan Lompoe yang membuat inovasi “RT Mobile”, dimana pelayanan kepada masyarakat tidak hanya dilakukan dirumah RT saja akan tetapi juga secara mobile.

“Jadi kami buat call center pelayanan terpadu dan dipasang didepan rumah kami dan warga yang mau mengurus bisa melalui telepon saja dan kami akan fasilitasi. Call center ini juga jadi layanan pengaduan warga khususnya di wilayah kami,” jelas Hasnia, Ketua RT 01 RW 03 Kelurahan Lompoe.

Lain halnya, terobosan yang dilakukan oleh Ketua RW 01 Kelurahan Galung Maloang yang melakukan inovasi penataan lorong dengan konsep berwawasan lingkungan dengan melibatkan seluruh warganya untuk ikut berpartisipasi dalam pelaksanaannya.

“Inovasi kami ini adalah swadaya masyarakat setempat, dan Alhamdulillah warga kami tingkat kesadarannya sudah tinggi akan kebersihan lingkungan. Jadi tiap rumah tangga diwilayah kami ada apotek hidupnya minimal tanaman didepan rumahnya,” terang Ancu sapaan akrab Ketua RW 01 Kelurahan Galung Maloang.

Terpisah, Kabag Pemerintahan, Andi Erwin Pallawarukka yang juga ketua tim penilai lomba kinerja RTRW tingkat Kota Parepare mengapresiasi terobosan dan inovasi yang telah dilakukan oleh para ketua RT dan RW khususnya diwilayah Kecamatan Bacukiki.

“Tentunya seperti inilah yang kami harapkan, peran RT/RW sebagai mitra pemerintah perlu terus ditingkatkan tidak hanya pelayanan administrasi kependudukan kepada warganya tetapi bagaimana mereka mampu memberdayakan warganya,” tandasnya.

Penulis: Luki Amima

loading...