Survei: Elektabilitas PDIP Sulsel Kudeta Gerindra-Demokrat

BERBAGI
Ilustrasi PDIP-Gerindra/Internet

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Elektabilitas Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulsel dibawah kepemimpinan Andi Ridwan Wittiri terus melonjak. Bahkan partai warisan orde baru ini berpeluang menempati urutan dua besar pada pemilu mendatang setelah Partai Golkar.

Hasil riset terbaru lembaga survei Populi Centre menempatkan PDIP diurutan dua besar dengan persentase 10.3%. Adapun Golkar tetap berada diposisi tertatas dengan 33,8% meski mengalami penurunan sekitar 3,3% dari survei sebelumnya.

Baca Juga: 

Survei NH-Aziz Ketiga, Jubir: Harus Perkuat Strategi

Survei Populi Center: Rakyat Sulsel Butuh Kerja Nyata

Agus-TBL Sambut Positif Hasil Survei 10,9 Persen

Posisi dua besar ini diketahui pada pemilu lalu ditempati Partai Demokrat dan Gerindra yang masing-masing menempatkan 11 wakilnya di parlemen provinsi. Sementara PDIP sendiri di pemilu lalu hanya menempatkan 5 orang kadernya di DPRD Sulsel.

Slide hasil survei Populi Centre

“Golkar masih menjadi partai dengan elektabilitas tertinggi apabila pemilihan legislatif diadakan hari ini dengan persentase 33.8% persen atau turun 3.3% dari November tahun lalu. Selanjutnya, PDIP menempel posisi kedua dengan persentase 10.3%  dan Gerindra pada posisi ketiga dengan persentase 8.1%,” tulis Peneliti lembaga Populi Centre seperti yang dia rilis 1 Februari 2018 lalu.

Baca: H Alimuddin: Anak Petani Juga Bisa Jadi Pejabat

Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan 800 responden yang dipilih dengan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error +/- 3,39% dan tingkat kepercayaan 95%.

Riset ini dilakukan di 80 kelurahan/desa di 24 Kabupaten/Kota. Dilakukan mulai dari tanggal 15 hingga 22 Januari 2018.

Penulis: Abdul Latif

loading...