Pileg 2019, 16 Parpol Akan Berpartisipasi di Parepare

BERBAGI
Illustrasi.(Sulselekspres.com)

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Komisioner Divisi Hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare, Hasruddin Husein mengatakan, sebanyak 16 partai politik (parpol) akan mengikuti Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) pada tahun 2019 mendatang, khususnya di Parepare.

Dia menjelaskan, dari 16 parpol tersebut 12 di antaranya parpol lama dan empat parpol baru. Sebelumnya, kata dia, sebanyak lima parpol yang belum memenuhi syarat, pada batas akhir masa perbaikan selama tiga hari, akhirnya berhasil memenuhi persyaratan yang kurang.

Dia mengungkapkan, parpol lama yang lolos verifikasi di antaranya Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Demokrat, Partai Hanura, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

“Untuk parpol baru yang lolos verifikasi yaitu, Partai Perindo, Partai Garuda, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Partai Berkarya,” katanya, Selasa (06/02/2018).

Sebelumnya, KPU Parepare melakukan verifikasi faktual pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 53/PUU-XV/2017, untuk melaksanakan verifikasi faktual terhadap seluruh parpol calon peserta Pemilu 2019, yang dilaksanakan selama tiga hari.

Setelah itu, KPU Parepare memberikan waktu kepada parpol yang belum memenuhi syarat, untuk melakukan perbaikan pada masa perbaikan yang dimulai sejak tanggal 3 hingga 5 Februari lalu.

Penulis: Luki Amima

loading...