Taman Kereta Kencana, Ikon Baru Parepare 2018

BERBAGI
Proses pemasangan patung kereta kencana, di Pantai Mattirotasi, Kelurahan Cappa Galung, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Rabu (7/2/2018)/SULSELEKSPRES/LUKI AMIMA

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Wali Kota Parepare Taufan Pawe, memantau pemasangan taman kereta kencana di Pantai Mattirotasi, Kelurahan Cappa Galung, Kecamatan Bacukiki Barat, Kota Parepare, Rabu (7/2/2018).

Taufan mengatakan, ide tersebut lahir dari semangat pemerintah yang ingin menjadikan Parepare, agar memiliki daya tarik tersendiri. Selain itu, kata dia, sebagai upaya pemanfaatan titik-titik strategis pusat keramaian, pada kawasan perkotaan.

“Kereta kencana tersebut merupakan inovasi Pemerintah Kota (Pemkot), dalam menambah estetika Kota. Sekaligus, menjadi sebagai ikon baru Parepare khususnya ditahun 2018 ini,” katanya.

Dia membeberkan, patung kuda dan kereta kencana merupakan simbol kekuatan yang perkasa, tegar, semangat kerja sama, kerja keras dan gotong royong. Nantinya, tambah dia, kereta kencana tersebut akan memiliki sinopsis mengenai maknanya.

Dia mengemukakan, kereta kencana tersebut juga memiliki nilai kearifan lokal yang ditandai dengan kesatria yang menggunakan songkok ciri khas adat Bugis, dan patung kuda yang melambangkan kekuatan dan keperkasaan.

“Kami berharap, taman tersebut dapat memberi manfaat kepada masyarakat. Terlebih, dalam memaksimalkan penerapan teori telapak kaki, di mana akan lebih banyak lagi masyarakat luar daerah yang akan berkunjung ke Parepare,” tandasnya.

Penulis: Luki Amima

loading...