Kurang Vitamin D, Bisa Sebabkan Teringat Kenangan Saat Hujan Turun

BERBAGI

SULSELEKSPRES.COM – Kita tentu pernah melihat candaan di media sosial yang menyebutkan bahwa saat hujan tiba, kita akan teringat berbagai kenangan bersama dengan mantan kekasih. Tak disangka, menurut pakar kesehatan, hal ini sepertinya memang bisa terjadi.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan cuaca dalam mempengaruhi suasana hati, termasuk dalam memunculkan kenangan sedih dari masa lalu.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Brigham Young (UBM) dilansir laman Doktersehat.com disebutkan, bahwa orang yang lebih jarang terpapar sinar matahari karena faktor musim hujan atau karena kegiatan sehari-hari mereka memang sering berada di dalam ruangan, cenderung lebih tertekan secara mental jika dibandingkan dengan mereka yang masih kerap terpapar sinar matahari.

Salah seorang peneliti yang terlibat, Mark Beecher menyebutkan, bahwa ada kemungkinan munculnya kenangan sedih ini disebabkan oleh kurangnya produksi vitamin D pada tubuh akibat jarangnya paparan sinar matahari saat hujan yang berlangsung cukup lama.

Hal ini pun menyebabkan masalah yang disebut sebagai seasonal affective disorder (SAD), kondisi yang membuat orang mengalami suasana hati yang lebih sendu saat mendung atau hujan tiba. Penyebab dari masalah ini juga bisa dipengaruhi oleh faktor lingkungan atau kondisi masalah mental yang sebelumnya dialami oleh seseorang.

Saat suasana hati menjadi sendu inilah kita bisa mengingat kembali bayangan atau kenangan bersama dengan mantan kekasih. Bahkan, berbagai kenangan lain yang pernah terjadi di masa lalu bisa saja kembali teringat pada saat tersebut.

Psikiater dari Rumah Sakit Omni Alam Sutera, dr. Andri Sp.KJ menyebutkan bahwa mereka yang mengalami depresi, khususnya depresi berulang, gangguan SAD ini akan cenderung lebih sering muncul saat cuaca sedang tidak bersahabat.

loading...