Waspadai Asam Urat, Bisa Berkembang Jadi Penyakit Berbahaya

BERBAGI
Illustrasi.(Int)

SULSELSEKSPRES.COM – Salah satu penyakit yang kerap menyerang pria dewasa adalah asam urat. Gejala dari penyakit ini adalah sensasi nyeri, bengkak, dan panas pada berbagai persendian tubuh.

Kebiasaan mengkonsumsi makanan atau minuman yang kaya purin disebut-sebut menjadi pemicu dari masalah kesehatan ini.

Yang menjadi masalah adalah, jika asam urat terus menumpuk dan tidak ditangani dengan benar, maka bisa jadi hal ini akan berkembang menjadi penyakit yang berbahaya seperti sebagai berikut.

Tophi atau benjolan pada persendian

Semakin banyaknya endapan asam urat yang menumpuk akan memicu terbentuknya benjolan pada persendian. Meskipun tidak memicu rasa nyeri, benjolan bernama tophi ini bisa mempengaruhi kulit dan persendian. Yang menjadi masalah adalah, tophi ini bisa memicu cacat permanen berupa persendian yang tidak lagi mampu digerakkan.

Batu ginjal

Tahukah anda jika asam urat dibuang bersamaan dengan air seni saat buang air kecil? Jika jumlah asam urat dalam tubuh terlalu banyak, maka asam urat ini bisa mengendap pada ginjal dan akhirnya membentuk batu ginjal. Bahkan, jika kristal asam urat ini terus menumpuk, ginjal akan kewalahan dalam mengatasinya sehingga bisa mengalami kerusakan atau bahkan gagal ginjal.

Penyakit jantung koroner

Meskipun jarang terjadi, dalam realitanya kadar asam urat yang berlebihan bisa memicu penyumbatan pada pembuluh darah. Hal ini akan membuat jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Tak hanya berdetak dengan lebih keras dan cepat, arteri koronia jantung bisa mengalami kerusakan dan memicu penyakit jantung koroner yang mematikan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang penderita asam urat tidak lagi menyepelekan masalah ini dan segera mencari pengobatan untuk mengatasinya. Selain itu, berhati-hatilah dalam mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kandungan purin agar tidak memperparah masalah asam urat yang dimiliki.

Sumber: Doktersehat.com

loading...