Begini Cara Atasi Biang Keringat Pada Bayi

BERBAGI
Foto Ilustrasi/Internet

SULSELEKSPRES.COM – Biang keringat adalah salah satu gangguan kulit yang sering ditemui bayi. Gejala biang keringat di sini benjolan-benjolan kecil di bagian tubuh yang memiliki banyak kelenjar keringat.

Bagian tubuh yang sering kita jumpai seperti punggung, wajah, lipatan kulit, perut, leher, selangkangan atau ketiak. Kadang biang keringat juga menimbulkan ruam kemerahan di kulit.

BACA: Ibu, Begini Cara Pijat Bayi Di Rumah

Biang keringat bisa muncul akibat cuaca lembap dan panas atau saat bayi menderita demam. Hal ini disebabkan oleh penyumbatan kelenjar keringat pada kulit akibat sel kulit mati dan bakteri.

Biang keringat sebenarnya bisa dialami oleh dewasa, namun bayi rentan terkena biang keringat karena pori-pori bayi lebih kecil dan saluran keringat mereka belum bisa berkembang sempurna.

Berikut tips cara untuk mengatasi biang keringat pada bayi:

Dilansir doktersehat.com, cara mengatasi biang keringat yang paling utama adalah menciptakan suhu di sekitarnya menjadi lebih sejuk dan tidak lembab.

Bawa bayi ke tempat yang tidak sesuai gerah dan terus berkeringat. Nyalakan ruangan atau kipas angin, namun jangan arahkan kipas angin langsung ke arah bayi.

Ganti pakaian bayi dengan pakaian yang sejuk dan bisa menyerap keringat. Berikan pakaian longgar yang terbuat dari serat alami yang lebih sejuk. Selain itu pasti juga sudah cukup banyak agar terhindar dari dehidrasi.

Saat bayi rewel karena kegerahan, jangan segera digendong karena menggendong akan bikin kegerahan. Biarkan ia berbekal, merangkak atau beraktivitas sendiri hingga tangisannya mereda. Anda bisa mendampingi dari dekat, namun bukan menggendongnya saja.

Untuk mengobati biang keringat, anda bisa memeriksakannya ke dokter. Selamat dokter akan mengamankan krim yang mengandung hidrokortison untuk meredakan rasa gatal dan mengurangi pembengkakan.

Sebaiknya potong kuku bayi jika terlihat agak panjang, hal ini untuk menghindari cakaran bayi saat ia merasa gatal. Jangan terlalu sering memberi bedak pada bayi karena bisa menyumbat pori-pori dan melampaui penyembuhan.

loading...