Kedapatan Bawa Uang Tunai Ratusan Juta, Penumpang Air Asia Gagal Berangkat

BERBAGI

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Penumpang maskapai Air Asia terpaksa gagal terbang karena membawa uang tunai diatas standar sekuritas bandara.

Hal ini terjadi pada Minggu (11/2/2018) sekitar pukul 10.00 Wita, ketika penumpang atas nama Heri Sugianto (53) melewati pemeriksaan SCP Khusus Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dengan x-ray.

Saat melewati X-ray petugas SCP, Abdul Jabar mendeteksi sejumlah uang di dalam tas milik Heri. Selanjutnya, petugas memeriksa tas tersebut secara manual dan mendapati tumpukan uang tunai sebesar Rp. 350.000,-

Atas penemuan tersebut, Rifky salah seorang petugas segera melaporkan ini ke Squad Leader Ratnawati Sabur.

Mendengar laporan tersebut, Ratnawati memerintahkan kepada Jabar untuk membawa barang temuan beserta pemilik ke Posko Beacukai untuk diperiksa.

Kepala Hanggar Beacukai Shiam, Kodratullah, mengatakan bahwa uang tersebut melebihi batas sekuritas bandara.

“Uang tersebut tidak di diijinkan dibawa oleh petugas Beacukai karena melebihi Ketentuan yang berlaku (Rp 100.000.000 juta)” jelas Kodratullah.

Selain itu, ia menjelaskan terkait pembawaan uang tunai diatur dalam peraturan pemerintah republik indonesia nomor 99 tahun 2016 tentang pembawaan uang tunai dan/atau instrumen pembayaran lain ke dalam atau keluar daerah pabean indonesia.

Ia menambahkan petunjuk pelaksanaannya pada peraturan menteri keuangan republik indonesia nomor :157/PMK.04/2017 tentang tata cara pemberitahuan dan pengawasan, indikator yang mencurigakan, pembawaan uang tunai dan/atau instrumen pembayaran lain, serta pengenaan sanksi administratif dan penyetoran ke kas negara.

“Tidak boleh membawa uang tunai dalam bentuk mata uang rupiah keluar daerah pabean indonesia tanpa dilengkapi ijin dari Bank Indonesia sesuai dengan peraturan Bank Indonesia” terang Kodratullah saat dihubungi via Whatsaap, pukul 16.13 Wita.

Ditempat yang sama, pihak Beacukai menyarankan agar Heri mengurus perizinan di Bank Indonesia, apabila masih tetap ingin membawa uang tersebut.

“Bisa dikenakan sanksi sebesar 10%dari total uang yang dibawa(Rp. 350.000.000,-) jika kedapatan uang sengaja tidak dilaporkan” tegas Kodratullah.

Setelah proses pemeriksaan usai, Penumpang Maskapai Air Asia, Heri Sugianto meninggalkan terminal bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Penulis : Agus Mawan

loading...