Nurdin Halid ‘Habisi’ Kekuatan Klan Yasin Limpo di Golkar Sulsel

BERBAGI

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Kekuatan besar klan Yasin Limpo yang pernah menguasai tubuh Partai Golkar Sulsel nampak hanya akan menyisahkan kenangan.

Kepemimpinan Nurdin Halid saat ini, secara perlahan terus melakukan gerakan untuk ‘menghabisi’ klan keluarga ini. Bukan hanya mereka yang memiliki ikatan darah, tapi hingga ke loyalis klan keluarga ini ikut dijungkal secara ‘paksa’.

Baca Juga:

Wow…! Cleaning Service Ini Salam ‘NH-Aziz’ Disamping SYL

Paket Abdul Latif-Usman Marham Satukan Kekuatan SYL dan NH

SYL Wajib Menangkan NH-Aziz di Pilgub Sulsel

Proses bersih-bersih klan Yasin Limpo di Golkar Sulsel telah dimulai sejak awal Nurdin Halid memimpin, menggantikan posisi Syahrul Yasin Limpi (SYL). Setelahnya, satu persatu disingkirkan dalam kepengurusan DPD I dan DPD II, bahkan beberapa loyalis langsung dipecat.

Setelah era kepemimpinan (SYL) berakhir, beberapa saudaranya seperti Ichsan Yasin Limpo (IYL), Haris Yasin Limpo, hingga Tenri Olle YL ikut tersingkir.

IYL awalnya tetap dimasukkan dalam struktur kepengurusan baru Nurdin, namun dipaksa meneken fakta integritas. IYL menolak yang berakibat pada pencoretan namanya dalam struktur sebagai Bendahara DPD I.

Baca: Pemecatan Rahmansyah Sudah Terdengar Sejak September 2017

Adapaun Haris Yasin Limpo merupakan mantan Ketua Harian DPD II Golkar Makassar era kepemimpinan Supomo Guntur. Namun digantinya SYL ikut berimbas terhadap dirinya yang tak lagi diberikan peran dalam struktur. Tenri Olle yang merupakan Ketua Golkar Gowa ikut hengkang dari Golkar pasca SYL tak lagi berkuasa di DPD I.

Adapun ponakan SYL sekaligus putra IYL, Adnan Purichita Ichsan juga tersingkir setelah sempat diberikan jabatan sebagai Plt Ketua Golkar Gowa oleh Nurdin Halid.

Baca: Nurdin Halid Sudah Tiga Kali Ganti Ketua Golkar di Gowa

“Golkar tidak pernah melarang (Adnan) untuk mendukung orang tuanya, dan itu hal yang manusiawi, sehingga untuk memaklumi itu sehingga kita menggantikan beliau. Pergantian ini juga akan mengurangi beban beliau,” ujar Risman, saat ditemui di Hotel Four Point By Sheraton, 15 Mei 2017 lalu.

Nurdin Halid tak berhenti sampai disitu. Mantan Ketua Harian DPP Partai Golkar ini selanjutnya menyasar kader Golkar yang diketahui sebagai loyalis klan keluarga Yasin Limpo ini.

Akibatnya sejumlah kader disingkirkan. Mulai dari Andi Mudzakkar yang merupakan mantan Ketua Golkar Luwu.

Baca: Dukung IYL-Cakka, Eks Pentolan Golkar Solidkan Basis

Paling terbaru adalah tiga kader Golkar sekaligus ikut disingkirkan, yakni Rahmansyah, Rismawati Kadir Nyampa, dan Anzar Zainal Bate.

“Mereka sudah melanggar aturan main partai Golkar. Sudah lama terindikasi kuat melakukan dukungan kepada pasangan lain di Pilgub Sulsel,” kata Wasekjen Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, Hakim Kamaruddin saat ditemui di Four Point By Sheraton, Jalan Landak Baru Makassar, Senin (12/2/2018).

Baca: Singgung Koruptor, SYL Diingatkan Soal OTT Dewi Yasin Limpo

Sekadar diketahui, HM Yasin Limpo merupakan seorang tokoh yang merupakan salahsatu deklarator awal berdirinya Partai Golkar di Sulsel.

Penulis: Abdul Latif

loading...