Begini Alur Sumbangan Untuk Pasangan Calon di Pilgub Sulsel

BERBAGI
Illustrasi Kursi Pilkada Sulsel 2018

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulsel mengatur bagaimana alur sumbangan untuk pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur pada pesta demokrasi satu kali lima tahunan ini.

Pengaturan sumbangan untuk empat pasangan calon tersebut, telah diatur dalam regulasi KPU Sulsel. Sebab penyumbang baik dari partai politik maupun dari perseorangan harus harus berbadan hukum resmi.

“Kemudian kalau sumbangan perseorangan harus sumbangan berbadan hukum dari perusahaan, untuk menampung dana-dana itu,” kata Khaerul Mannan, kepada Sulselekspres.com, saat dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Kamis (15/2/2018) malam.

Ditanya mengenai batasan dana kampanye untuk baik untuk perseorangan maupun partai politik, dia menyebutkan, semua memiliki batasan baik dalam mengunakan dana kampanye maupun jumlah setoran untuk dari pasangan calo, perseorangan, lembaga yang berbadan hukum dan partai politik.

“Ada batasnya hanya Rp75 juta untuk perseorangan. Tapi kalau dia dari partai politik, atau lembaga yang berbadan hukum usaha maka tidak boleh lebih dari Rp 750 juta,” jelasnya.

Namun dari jumlah Rp 75 juta untuk perseorangan dan Rp 750 juta untuk lembaga berbadan hukum, partai politik bisa ditransfer dalam beberapa kali.
“Kan bisa dilakukan dalam beberapa kali, untuk transaksinya,” pungkasnya.

Sebab, pada tanggal 20 an April 2018 ini, sudah harus ada laporan mengenai dana kampanye itu dari setiap pasangan calon masing-masing.

Penulis: Abdul Latif

loading...