Forum Rektor Minta Pemerintah Lahirkan Kebijakan Baru

BERBAGI

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Hajatan Konferensi Forum Rektor Indonesia selama dua hari, akhirnya usai pada Jumat (16/2/2018) dan melahirkan beberapa rekomendasi.

Pernyataan Sikap atau sebutan kali ini Deklarasi Makassar, Forum Rektor Indonesia mengajukan rekomendasi-rekomendasi kepada pihak pemerintah maupun pihak Perguruan Tinggi.

Sedikitnya enam poin rekomendasi yang termaktub dalam pernyataan sikap FRI 2018.

BACA: Kunjungan Presiden: Unhas Antisipasi Kartu Kuning Untuk Jokowi

Dalam Pernyataan Sikapnya, FRI merekomendasikan kepada pemerintah untuk menyusun dan menetapkan kebijakan yang mendorong pihak industri agar bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk melakukan riset dan inovasi yang bernilai ekonomi dan berdampak kepada kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, FRI juga mendorong Kemenristek Dikti untuk membuat terobosan baru untuk menjawab era disrupsi ini dan meminta kepada badan legislatif agar dipertemukan guna menyarankan pembentukan Garis Besar Haluan Negara (GBHN).

BACA: Mengenal Masakan Pallumara, Santapan Presiden Jokowi di Makassar

Dengan adanya revolusi industri generasi ke-4, FRI juga menetapkan kelompok kerja-kelompok kerja (Pokja) sesuai dengan dinamika perkembangan di era revolusi industri 4.0, diantaranya Pokja Pembangunan Ekonomi Nasional, Pokja Penguatan Demokrasi Pancasila, Pokja Pendidikan Tinggi berdaya saing, Pokja Kepemimpinan Nasional Cerdas dan Berkarakter, dan Pokja Ketahanan Pangan.

Untuk diketahui, ditahun ini kepemimpinan FRI dipercayakan kepada Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A. yang sementara menjabat sebagai Rektor Universitas Hasanuddin.

Penulis : Agus Mawan

loading...