Mengenal Masakan Pallumara, Santapan Presiden Jokowi di Makassar

BERBAGI
Ilustrasi Pallumara/ INT

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Sulsel mendapat sambutan luar biasa dari segenap masyarakat, Kamis (15/2/2018).

Jokowi di Sulsel juga menyempatkan diri bersama rombongan untuk mencicipi kuliner lokal, yakni masakan Pallumara.
Pallumara merupakan salah satu hidangan khas Makassar yang dikenal dengan cita rasa gurih dan segarnya. Berbahan ikan dan Sup kuah bumbu kunyit.

Pallumara sendiri terdiri dari dua suku kata, yakni Pallu yang berarti masakan dan Mara berarti asam.

Resep Pallumara dapat menjadi variasi sajian dalam bentuk hidangan ikan Bandeng. Selain itu dapat pula dijumpai masakan Pallumara dengan Ikan Tongkol atau jenis ikan lainnya.

Masakan Pallumara merupakan sajian masakan yang wajib dicicipi ketika berkunjung di Sulsel.

Baca: Di Takalar, Presiden Jokowi Santap Pallumara

“Kalau pak Jokowi tadi makan Pallumara, kalau Bu Iriana Sop Saudara,” ungkap Joko pemilik warung tempat Jokowi mencicipi masakan Pallumara.

Saat dimakan, daging Ikan yang sudah menyatu dengan bumbu terasa khas rasa asamnya. Namun sensasi asam begitu segar yang biasanya berasal dari buah Asam atau dari Mangga muda yang dikeringkan.

Perpaduan bumbunya selain bumbu dasar, lengkuas dan sereh yang menyatu saat ditumis dengan sedikit garam, membuat rasanya cukup menempel di lidah.

Di Sulsel, masakan ini sangat mudah didapat di warung- warung tradisonal, bahkan hingga restoran moderen, sebagai identitas masakan khas dari tanah Sulsel.

Penulis : Agus Mawan

loading...