Waspada, Tujuh Kebiasaan Ini Sebabkan Jerawat Bertambah

BERBAGI
Ilustrasi Perawatan Wajah/ INT

SULSELEKSPRES.COM – Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang pertama kali dilihat saat bertemu orang lain. Memiliki wajah yang bersih memang menjadi dambaan setiap orang. Terutama bersih dari jerawat. Namun demikian, ada sebagian orang yang meski telah merawat wajah, namun tetap saja jerawat tetap timbul. Hal itu bisa saja terjadi, karena tujuh hal berikut dilansir dari hellosehat.com:

1. Menyentuh wajah dengan tangan kotor

Selain kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan kotor, benda-benda yang menempel di wajah Anda seperti handphone, alat make-up, bahkan keringat pun dapat memicu tumbuhnya jerawat. Sebaiknya, bersihkan benda-benda tersebut secara rutin agar tidak menjadi sarang bakteri yang dapat membuat wajah Anda semakin berjerawat.

2. Rambut yang kotor

Tidak semua orang mencuci rambut setiap hari, sehingga kotoran pada rambut menempel pada wajah dan menyebabkan jerawat, terutama jika rambut Anda memiliki poni. Jika memungkinkan, cucilah rambut Anda secara rutin dan sebaiknya hindari menggunakan produk rambut pada area dahi.

3. Terlalu cepat menyerah dengan obat jerawat

Perawatan wajah untuk mengobati jerawat memerlukan waktu sebelum akhirnya menunjukkan hasil. Biasanya tidak mungkin terjadi perubahan signifikan hanya dalam waktu seminggu, jadi jangan langsung buru-buru ganti obat kalau belum terlihat efeknya. Pengobatan jerawat dapat memakan waktu satu bulan atau lebih sebelum hasilnya terlihat.

4. Terlalu sering mencuci muka atau melakukan eksfoliasi (scrub)

Terlalu sering mencuci muka dapat membuat kulit iritasi dan semakin sensitif, karena sebenarnya wajah memproduksi minyak untuk melembabkan dan melindungi wajah. Cukup mencuci muka sebanyak 2 kali sehari dengan air dan sabun yang sesuai dengan kondisi kulit wajah. Jika wajah Anda berjerawat, hindari menggunakan scrub wajah yang malah bisa membuat iritasi.

5. Cara mencuci muka kurang tepat

Jika Anda mencuci wajah menggunakan handuk atau waslap, perhatikan kebersihannya. Bakteri yang ada pada handuk akan berpindah ke wajah dan malah jadi penyebab jerawat. Selain itu, jika Anda terlalu sering melakukan eksfoliasi, kulit dapat meradang dan mengalami kerusakan.

6. Sering mengorek dan memencet jerawat

Sebaiknya tinggalkan jauh-jauh kebiasaan ini. Memencet jerawat tidak akan menghilangkannya, tetapi malah menimbulkan kerusakan dan bekas luka pada kulit wajah. Gunakan pengobatan yang tepat untuk mengurangi jerawat dan meminimalisir timbulnya bekas luka.

7. Terlalu banyak mengonsumsi gula

Menurut sebuah studi, kandungan gula pada makanan-makanan seperti roti putih, cake, cokelat, dan makanan manis lain dapat menimbulkan jerawat. Sebaiknya batasi konsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi.

Selain mengikuti saran dokter kulit, jangan lupa perhatikan kebiasaan-kebiasaan yang dapat menjadi penyebab jerawat agar perawatan Anda tidak sia-sia.

Selain itu, sangat disarankan untuk memakan makanan yang sehat, sehingga penyembuhan jerawat bisa dilakukan dari dalam, untuk membantu menyeimbangkan pengobatan dari luar. Terutama buah- buahan dan sayur- sayuran yang sehat.

loading...