Cara Jitu Menghilangkan Jerawat Bandel Secara Alami

BERBAGI
Ilutrasi/ Foto: Internet

SULSELEKSPRES.COM – Jerawat menjadi sesuatu yang dianggap menjengkelkan bagi banyak orang. Utamanya jerawat kistik atau yang lebih dikenal dengan nama jerawat batu.

Tak heran kalau begitu banyak produk penghilang jerawat dijual dipasaran. Sebagian terbukti ampuh, namun tidak sedikit bukannya membuat jerawat hilang tapi malah makin memperburuk.

Baca: Tanpa Obat Kuat, Ini Cara Agar Pria Tahan Lama Diranjang

Dilansir dari laman Dokterbabe.com, Hormon androgen dipercaya dapat menjadi pemicu munculnya jerawat batu. Peningkatan hormon ini bisa meningkatkan produksi minyak dan risiko penumpukan bakteri di kulit wajah, menyumbat pori-pori, serta menimbulkan jerawat.

Bakteri yang masuk ke pori-pori dapat menyebabkan area sekitar kulit menjadi merah dan bengkak. Saat infeksi masuk makin dalam ke kulit, area tersebut akan menjadi benjolan merah yang kemudian bernanah.

Baca: Ingin Klimaks Bersamaan Saat Bercinta ? Berikut Caranya

Berikut ini beberapa cara bisa dilakukan untuk dapat mengatasi jerawat dengan menggunakan beberapa bahan alami:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya disinyalir dapat mengatasi jerawat batu. Lidah buaya tidak hanya bersifat menenangkan, tapi juga mengandung asam salisilat yang dipercaya dapat mengatasi jerawat.

Caranya:
– Siapkan satu buah lidah buaya dan belah menjadi dua.
– Gunakan sendok dan ambil gel dari dalamnya.
– Oleskan pada wajah seperti menggunakan pelembap wajah.
– Aplikasikan tiap hari 1-2 kali atau tiap dibutuhkan.

2. Es Batu

Es batu dipercaya dapat mengurangi perandangan dan inflamasi pada jerawat. Suhu dingin es batu dipercaya dapat mengurangi peradangan dan inflamasi. Sehingga, mengompres jerawat batu dengan es diyakini bisa mengurangi kondisi tersebut.

Caranya:
– Siapkan beberapa buah es batu dan kain bersih.
– Tempelkan pada kulit berjerawat selama sekitar 10 menit.
– Lakukan paling tidak sehari 2 kali sehari. Yaitu, setiap pagi dan malam.

3. Teh Hijau

Teh hijau yang tinggi kaya akan antioksidan dipercaya mengurangi perandangan pada jerawatmu. Teh hijau yang kaya akan antioksidan diyakini bisa mengurangi peradangan akibat jerawat batu.

Caranya:
– Siapkan teh hijau dan seduh selama sekitar 4 menit.
– Setelah dingin, ambil kapas dan aplikasikan pada bagian yang berjerawat.
– Biarkan hingga mengering, bilas, dan keringkan dengan cara menepuk-nepuk dengan handuk bersih.

4. Air Perasan Lemon

Asam sitrat dalam lemon dapat menjadi disinfektan sekaligus mengeringkan jerawat batu. Kandungan asam sitrat dalam lemon dapat berfungsi sebagai disinfektan bagi jerawat batu. Asam tersebut akan sekaligus membantu mengeringkan jerawatmu.

Caranya:
– Siapkan air perasan lemon dan kapas.
– Celupkan kapas ke dalam perasan air lemon, lalu oleskan pada jerawat batu.
– Biarkan air perasan lemon di jerawat batu selama 15 menit.
– Bilas wajahmu dengan air hangat.
– Lakukan langkah ini sehari sekali.

Untuk kulit yang mengalami iritasi saat memakai ramuan ini, kamu bisa menambahkan air putih pada air perasan lemon sebelum pemakaian. Langkah ini akan mengurangi kadar asam di dalamnya.

Jumlah air putih yang ditambahkan sebaiknya sama dengan jumlah air perasan lemon yang kamu gunakan. Misalnya, jika kamu menggunakan 1 sendok teh air perasan lemon, air putih yang sebaiknya ditambahkan juga sebanyak 1 sendok teh.

5. Oatmeal

Campuran oatmeal dan air bisa membantu dalam pengikisan kulit mati dan membersihkan pori-pori. Campuran rata oatmeal dengan air mengikis akan membantu mengikis kulit mati sekaligus membersihkan pori-pori. Ramuan ini juga akan membantu dalam menjaga agar kadar asam atau pH pada kulit tetap seimbang.

Caranya:
– Campurkan oatmeal dengan air putih hingga rata.
– Gosokkan secara perlahan-lahan dengan gerakan memutar pada kulitmu.
– Lakukanlah sekali dalam sehari.

 

loading...