Program Pendidikan Gratis Rp 1,5 T, IYL: Hanya Yang Berpengalaman Sanggup

BERBAGI
Calon Gubernur Sulsel nomor urut 4 Ichsan Yasin Limpo (IYL) berkampanye dialogis di Baruga Karaeng Bainea, Kabupaten Takalar, Senin (26/2/2018)/ IST

TAKALAR, SULSELEKSPRES.COM – Calon Gubernur Sulsel nomor urut 4 Ichsan Yasin Limpo (IYL) berkampanye dialogis di Baruga Karaeng Bainea, Kabupaten Takalar, Senin (26/2/2018).

Momen ini dimanfaatkan Ichsan untuk bertatap muka dan memaparkan program yang dicanangkannya. Salah satunya adalah program prestisius Subsidi Pendidikan Rp1,5 triliun untuk pelajar se Sulsel setiap tahun.

Meski sebenarnya, program pendidikan gratis, banyak dijadikan sebagai jualan kandidat lain, namun, adik kandung Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo itu menyebutkan tidak semua bisa.

“Kecuali yang sudah berpengalaman, yang sudah ahli,” tegasnya.

Dia menyebutkan, saat memimpin Kabupaten Gowa, IYL sudah menerapkan pendidikan gratis tanpa pungutan. Hal itu, lanjut doktor jebolan Unhas ini, menjadi modal berharga untuk menerapkan di Sulsel.

IYL merinci, untuk anak SD subsidinya ditingkatkan dari Rp 800.000 menjadi Rp1,2 juta setiap tahun per siswa. SMP menjadi Rp1,5 juta dari Rp 1 juta dan SMA Rp 2,4 juta dari subsidi Rp 1,4 juta.

Selama, lanjut Ichsan, orang tua siswa masih dibebani dengan pungutan. Seperti LKS, buku, acara perpisahan hingga seragam. Tapi lewat program ini, semua item itu pasti tidak ada lagi.

“Ini yang pertama yang akan saya lakukan saat menjadi gubernur. Dengan subsidi pendidikan Rp1,5 triliun maka tidak ada lagi pungutan, sumbangan atau pembayaran apapun di sekolah,” papar Ichsan.

Dalam kampanye tertutup yang dihadiri ribuan warga Takalar, IYL juga berkomitmen untuk menerapkan pergub yang menghapus kebijakan seragam sekolah.

“Insya Allah jika terpilih, maka pergub pertama yang saya tandatangani adalah menghapus kewajiban mengenakan seragam sekolah. Kenapa? Karena yang mau sekolah bukan seragamnya, tapi otaknya. Ini juga bisa meringankan beban orang tua siswa,” pungkasnya.

Penulis: Muhammad Adlan

loading...