5 Indikator Ini Jadi Acuan Program Calon Gubernur Sulsel

BERBAGI

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Memiliki banyak program bukan sebuah jaminan bagi calon kepala daerah tingkat Provinsi. Apalagi program belum pernah teruji.

Namun, program milik empat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel harus memenuhi lima indikator kelayakan dari semua program milik pasangan calon.

Hal tersebut diungkapkan pengamat politik Universitas Hasanuddin (Unhas), Aswar Hasan mengatakan, semua program milik pasangan Cagub dan Cawagub Sulsel harus berbasis data, sesuai kebutuhan masyarakat dan bagaimana persoalan pembiayaan.

BACA: Program Calon Gubernur Harus Selaras Dengan Program Nasional

Menurutnya, ada lima indikator yang tetap, harus dilakukan bagi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel.

1. Berbasis data. 2. sesuai kebutuhan. 3. Kelayakan ketersediaa dana yang memunkinkan membiayai program tersebut. 4. Didukung oleh DPRD sebagai pihak yang punya hak badgetting, serta harus ada penjelasan/ reasoning bahwa program itu nantinya tidak dapat kendala di DPRD. 5. Pasanga calon dipercaya mampu merealisasikannya dan tidak hanya berjanji tanpa bisa dipegangi komitmenya dan dipandang punya kapasitas kemampuan untuk merealisasikannya.

Sebelumnya, pengamat politik Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), Firdaus Muhammad mengatakan, harusnya semua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel melakukan pengkajian mendalam mengenai programnya yang ditawarkan kepada masyarakat Sulsel.

Sebab, kalau tidak melalui pengkajian terlebih dahulu maka akan terjadi ketidak selaras antara program kepala daerah dengan program nasional. Supaya masyarakat Sulsel mudah memahami apa program yang ditawarkan calon pemimpinnya.

“Program masing-masing kandidat berdasarkan kajian, mereka yang disosialisasikan melalui kampanye untuk pengaruhi publik dalam menentukan pilihan,” ungkap akademisi UINAM itu, saat dihubungi melalui WhatsAppnya, kepada Sulselekspres.com, Selasa (27/2/2018).

Ditanya apakah program milik semua kandidat tersebut tidak ada yang melanggar aturan nasional atau tidak selaras dengan program nasional?.

“Perlu dikaji lebih detail. Tetapi seharusnya program harus selaras dengan program pusat agar bisa direalisasikan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, berikut gambar program unggulan dari empat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel.

Program pasangan Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz), seragam gratis peserta didik, pembangunan lapangan bertaraf internasional, perbaikan toilet mesji.

Pasangan Agus Arifin Nu’mang-Tanribali Lamo (Agus-TBL) punya program mengembangkan ekonomi kerakyatan disediakan Rp2 Triliun untuk modal usaha anak muda, melanjutkan pembangunan Sulsel.

Program pasangan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof-Andalan) punya program pembangunan rumah sakit regional di enam daerah di Sulsel, fokus pembangunan mulai dari desa, pembangunan bandara, pelabuhan dan dll.

Sementara pasangan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) program penghapusan seragam sekolah, program keummatan, program perumahan dan beberapa program lainnya.

Penulis: Abdul Latif

loading...