Festival Film Berlin, Film Indonesia Sabet Penghargaan

BERBAGI
'Sekala Niskala' (The Seen and Unseen) karya Sutradara Kamila Andini/ KEMLU.GO.ID

BERLIN, SULSELEKSPRES.COM – Film Indonesia kembali berprestasi di pentas sinema dunia. Film ‘Sekala Niskala’ (The Seen and Unseen) karya Sutradara Kamila Andini berhasil memenangkan Grand Prize kategori Generation Kplus International Jury di festival film internasional Berlinale di Berlin, Jerman, Sabtu (24/2/2018) waktu setempat.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Luar Negeri, Rabu (28/2/2018),’Sekala Niskala’ menjadi film panjang pertama dari Indonesia yang berhasil mendapatkan gelar film terbaik di festival film Berlinale.

Festival Film Berlin atau lebih dikenal sebagai Berlinale diselenggarakan setiap tahunnya sejak tahun 1951. Festival ini merupakan salah satu dari festival film dunia yang prestisius dan paling berpengaruh.

Berlinale setiap tahunnya memutar tak kurang dari 400 film dalam berbagai kategori diantaranya yaitu Competition, Generation, Panorama dan Berlinale Short. Film-film Indonesia absen dalam festival Berlinale sejak 2015, dan kembalinya film Indonesia di ajang ini yang diiringi dengan prestasi merupakan suatu kebanggaan bagi dunia sinema Indonesia.

Film berbahasa Bali ini diperankan oleh para seniman Bali seperti Ayu Laksmi, I Ketut Rina, dan dua bintang baru, Thaly Kasih dan Gus Sena, yang kekuatan seni peran, tari dan vokalnya menjadi pusat perhatian dalam film ini. Film ‘Sekala Niskala’ juga didukung oleh koreografer Ida Ayu Wayan Arya Satyani, serta bekerja sama dengan sanggar-sanggar tari di Bali dalam proses pembuatannya. Film ini berkisah tentang saudara kembar ‘buncing’ (perempuan dan laki-laki) yang sedang menghadapi kehilangan.

Melalui film ini, para penonton diajak masuk ke dunia anak-anak yang polos dan penuh imajinas melalui tarian dan nyanyian dalam mengungkapkan perasaan dan emosi,

Sebelumnya film ini sudah tayang perdana di Toronto International Film Festival, Sekala Niskala juga sudah memenangkan berbagai penghargaan, yaitu: Film Remaja Terbaik di Asia Pacific Screen Awards 2017, Film Terbaik Tokyo FILMeX 2017, dan Film Terbaik Jogja-Netpac Asian Film Festival.

loading...