KPU dan Panwaslu Sinjai Menuai Kritik Dari Pemerhati Politik 

BERBAGI

SINJAI, SULSELEKSPRES.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) mendapatkan kritikan keras dari pemerhati politik dari Kabupaten Sinjai.

KPUD dan Panwaslu Kabupaten Sinjai dinilai tidak bekerja maksimal dan tidak profesional, memasuki dalam masa kampanye sejak yang ditetapkan per tanggal 15 Februari 2018 lalu.

Namun, sampai saat ini patut diduga melakukan atau tidak melakukan sesuatu yang menjadi kewenangan sebagai lemabaga penyelenggara dan lembaga pengawasan pemilu di Kabupaten Sinjai. Hal ini kejelaskan oleh salah satu pemerhati politik di Kabupaten Sinjai, Supardi.

Menurutnya, sejak sosialisasi diselenggarakan KPUD Sinjai yang secara tegas menyampaikan bahwa mobil branding tidak dibenarkan, selama masa kampanye karena menyalahi ketentuan PKPU No.4/2017 dan masuk kategori stiker hal tersebut ditegaskan salah satu komisioner KPUD Sinjai, Hikma.

Disisi  Ketua Panwas Sinjai, Muh. Rusmin mengatakan, tidak memiliki dasar untuk menidak lanjuti soal branding mobil yang bergambarkan kandidat.

“Ini menjadi persoalan dan bisa saja menimbulkan riak, karena dua lembaga yakni Panwas dan KPUD Sinjai nampaknya tidak melakukan kordinasi terkait langka-langka yang harus dilakukan dalam helatan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) di Sinjai.  Seperti penentuan baliho yang belum dirampungkan serta kepastian hukum terkait branding mobil gambar kandidat masih simpang siur, “ungkapnya, melalui rilis yang diterima Sulselekspres.com, Kamis (1/3/2018).

Lebih lanjut, Muh. Rusmin, menjelaskan bahwa kalau terkait branding pihaknya belum melakukan koordinasi dengan pihak terkait, sehingga untuk melakukan penertiban khususnya soal branding mobil itu menurutnya tidak diatur di PKPU sehingga pihaknya tidak memiliki dasar hukum untuk melakukan langkah-langkah penertipan.

“Belum ada aturan yang mengatur terkait penertiban branding gambar kandidat yang melekat dimobil sehingga kami tidak memiliki dasar untuk bertindak,” kata Rusmin.

Terkait gambar pasangan calon yang masih terpasang dibeberapa wilayah, menurutnya, sudah melakukan penertiban diseluruh wilayah kecamatan cuman diamui bahwa belum rampung dibeberapa kecamatan dan dan pihaknya terus melakukan penertiban dan melakukan koordinasi dengan pihak Pol PP.

“Memang belum rampaung tapi kami berusaha untuk melakjkan penertiban gambar dibeberapa wilayah,” pungkasnya.

Penulis: Abdul Latif

loading...