Survei ISS IYL-Cakka Pertama, Populi Centre Prof Andalan Teratas

BERBAGI

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Hasil riset elektabilitas tertinggi kandidat pasangan calon gubernur Sulsel mengalami perbedaan dari hasil survei dua lembaga yang berbeda.

Lembaga Indo Survey Startegy (ISS) melansir hasil riset terbarunya dengan menempatkan pasangan nomor urut 4 Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar diposisi pertama dengan elektabilitas ‎24,3 persen.

Baca: Tenri Olle Dikabarkan Gabung di Tim IYL-Cakka, Nasdem Tak Solid ke NH-Aziz?

Angka ini lebih tinggi dari Nurdin Halid-Aziz Qahhar Mudzakkar (NH-Aziz), 20,1 persen, dan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (Prof Andalan) 18 persen.Kemudian, pasangan Agus Arifin Numang dan Tanribali Lamo berada di peringkat terbawah dengan 8,9 persen.

“Pengambilan data survei ini dilakukan pada 19 -24 Februari 2018. Survei menggunakan metode multistage random sampling, dengan jumlah responden 800, margin of error 3.5%,” kata Direktur ISS Karyono Wibowo, di Cikini Jakarta, Minggu (4/3/2018), seperti rilis yang diterima Sulselekspres.com.

Baca: Tenry Olle Bantah Gabung ke Tim IYL-Cakka, Ini Alasannya

Hasil berbeda jika dibandingkan riset lembaga Populi Centre sebelumnya. Dimana elektabilitas pasangan Prof Andalan berada diposisi tertas dengan 32 persen. Sedangkan IYL-Cakka jauh diposisi kedua dengan perolehan angka 20,3 persen.

Diurutan ketiga pasangan NH-Azis memperoleh 17,0 persen dan dinomor buncit bertengger pasangan AAN-TBL dengan angka 10, 9 persen.

Baca: Dapat Nomor Urut 4, Kader Golkar Antusias Selamati IYL-Cakka

Diketahui, menurut Popoli Center, survei yang dilakukan selama 7 hari, yakni tanggal 15-22 Januari 2018 menjelaskan tingkat kemantapan pemilih di Sulsel sangat tinggi yakni 52,8 persen. Ini mengindikasikan tingkat kecerdasan pemilih Sulsel sudah tinggi dan mampu menentukan pilihannya berdasarkan track record para kandidat.

Survei ini dilakukan di 80 desa/kelurahan se Sulsel dengan metode multistage random sampling. Dilaksanakan dengan model wawancara tatap muka pada 800 responden dengan margin error 3,39% dan tingkat kepercayaan 95%.

 

 

 

loading...