Pemkab Gowa Peringati HUT Damkar Ke 99 Tahun

BERBAGI

GOWA, SULSELEKSPRES.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa turut memperingati Perayaan Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran (Damkar) ke-99 yang jatuh pada 1 Maret 2018 dengan menggelar rangkaian upacara di Lapangan Upacara Kantor Bupati, Senin (5/3/2018).

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan sambutan resmi dari Menteri Dalam Negeri, Thahjo Kumolo yang mengatakan agar Damkar bisa berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, mewujudkan perlindungan masyarakat dari ancaman kejadian kebakaran.

Hal tersebut merupakan bentuk hadirnya negara dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat sesuai dengan amanah Nawacita pertama, yaitu menghadirkan kembali negara untuk melindung segenap bangsa dan memberikan rasa aman.

“Dalam kesempatan baik ini, saya mengajak seluruh jajaran kebakaran se-Indonesia berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkap Adnan didepan peserta upacara yang diikuti para ASN dan Damkar.

Lebih lanjut, dirinya menyampaikan bahwa upacara ini tdak hanya mengenang peristiwa tahun 1919 lalu yakni masyarakat batavia yang memberi peghargaan berupa prasasti atas perjuangan memadamkan kebakaran besar di Jatinegara Jakarta.

Karenanya, Adnan berharap Kedepannya seluruh pengambil kebijakan baik eksekutif maupun legislatif untuk bersama-sama mengambil langkah kebijakan optimalisasi anggaran bagi pemadam kebakaran.

“Sebaiknya bersama-sama melalui dengan menetapkan alokasi anggaran yang memadai bagi penyelenggaraan urusan kebakaran pada APBD, sebagaimna layaknya dalam urusan wajib yang terkait dengan pelayanan dasar, termasuk didalamnya pembiayaan untuk peningkatan kapasitas sumber daya dan kesejahteraan aparatur pemadam kebakaran,”harapnya.

Tak hanya itu, Adnan juga meyampaikan ucapan selamat kepada Damkar yang telah menginjak usia 99 tahun ini
“Selamat ulang tahun Damkar yang ke 99 tahun, terus tingkatkan kapasitas aparatur dan kelembagaan guna perlindungan masyarakat untuk mencapai tujuan pembangunan negara ini,”tuturnya.

Turut hadir Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, H Muchlis, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Rostam Razak dan para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa.(Adv)

loading...