Pansus Usulkan Ranperda RZWP3K Sulsel Diuji Publik

BERBAGI

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Panitia Khusus (Pansus) DPRD Sulsel tentang Ranperda Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau – Pulau Kecil (RZWP3K) Provinsi Sulsel, hingga saat ini masih meminta pendapat sejumlah pihak sebelum Pansus masuk membahas batang tubuh dari Ranperda tersebut.

Ketua Pansus Ranperda RZWP3K, Fahruddin Rangga di Gedung DPRD Sulsel, Rabu kemarin mengatakan bahwa pihaknya akan mengusulkan kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, untuk melakukan uji publik terkait Ranperda tersebut.

“Kita akan meminta kepada Dinas Perikanan Kelautan Provinsi Sulsel selaku leading sektor untuk melakukan uji publik dua kali terhadap Ranperda ini, kalau tidak ada penolakan maka akan masuk membahas batang tubuh Ranperda RZWP3K,” ujarnya, saat ditemui, di Kantor DPRD Sulsel, Jalan Sumoharjo Makassar, Rabu (7/3/2018).

Dijelaskan politisi Partai Golkar ini bahwa, uji publik Ranperda RZWP3K dianggap penting untuk menyerap pendapat dan masukan dari berbagai pihak, sebelum Pansus membahas dan mengetuk palu prodak hukum tersebut.

“Dua kali ini uji publik ini yang pertama mengenai Ranperda ini secara umum dan kedua batang tubuh dalam ranperda ini,” katanya.

Dalam dua kali Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Pemprov Sulsel dan Non Goverment Organation (NGO) serta Akademisi, Pansus menerima usulan agar Ranperda RZWP3K tetap memperhatikan aspek ekonomi, sosial dan lingkungan apabila Ranperda tersebut disahkan menjadi Perda.

Penulis: Abdul Latif

loading...