Jelang Ramadan, Amir Uskara Ungkap Penyebab Terjadinya Gejolak Harga

BERBAGI

MAKASSAR, SULSELEKSPRES.COM – Forum Jurnalis mengadakan acara dialog dengan tema ‘Menjaga Kestabilan Harga dan Pasokan Menjelang Ramadan 2018’, yang berlangsung di kedai Press Corner, Jl. Pengayoman, Jumat (9/3/2018).

Anggota DPR Anggota DPR RI Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), HM Amir Uskara yang didapuk sebagai pembicara dalam dialog tersebut menjelaskan, memasuki bulan ramadhan pada tahun 2018 ini, pada umumnya harga-harga barang kebutuhan masyarakat bergejolak.

Alasannya, banyak para pemain atau spekulan memanfaatkan situasi untuk memainkan harga, sehingga sering ditemukan di pasar-pasar harga melonjak naik.

“Jelang Bulan Ramadan tahun 2018 ini terjadi gejolak harga, kebutuhan akan barang lebih banyak dari jumlah pasokan. Ini juga dimanfaatkan para spekulan yang sengaja menimbun barang,” ujar Amir Uskara,yang membidangi Komisi XI bidang Keuangan, Perencanaan Pembangunan Perbankan ini.

Di DPR, Kata Amir, dia ikut mendorong agar pemerintah daerah di Indonesia untuk turut menjaga stabilitas harga komoditi, sehingga kepala daerah dapat mengawasi secara langsung melalui stake holder yang bersangkutan.

“Kami di DPR mendorong kepada Pemerintah Daerah di seluruh Indonesia, untuk menjaga dan mengendalian harga, dengan itu saya yakin para spekulan tidak akan berani, dan menjaga daya beli masyarakat agar tidak ada gejolak harga, sehingga daya beli bisa terjaga,” ujar Wakil Ketua Umum DPP PPP.

Selain Amir Uskara, dalam acara dialog tersebut, turut juga hadir, Ketua Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU) RI, Sarkawi Rauf, dan Bambang Kusmiarso Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulsel.

Penulis: Muhammad Adlan

loading...