Pjs Wali Kota Parepare Himbau Warga Tidak Tunda Perekaman e-KTP

BERBAGI
Pejabat Sementara Wali Kota Parepare, Lutfie Natsir. Foto (Luki Amima/Sulselekspres.com)

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Parepare, Lutfie Natsir mengatakan, masyarakat yang belum memiliki elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP), untuk segera melakukan perekaman di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Parepare.

Lutfie Natsir, pihaknya tidak menginginkan masyarakat tidak memperoleh pelayanan hanya karena persoalan e-KTP. Hanya saja, kata dia, masyarakat juga harus meningkatkan kesadaran dan pro aktif, untuk melakukan perekaman.

“Kami himbau untuk tidak ditunda-tunda. Jikapun belum ada fisiknya, paling tidak telah melakukan perekaman untuk dijadikan dasar, dan memudahkan dalam memperoleh pelayanan,” katanya, Minggu (11/03/2018).

Inspektur Provinsi Sulsel tersebut mengungkapkan, kepemilikan e-KTP sangat penting karena merupakan persyaratan utama dalam mengurus berbagai hal kepentingan atau kebutuhan. Paling tidak, katanya, masyarakat dapat memperoleh hak dalam program pembangunan, demokrasi, pencegahan kejahatan, keperluan perbankan, untuk memperoleh berbagai pelayanan, dan hal-hal lainnya jika ada kondisi dan situasi darurat.

“Apalagi, sekarang hampir semua jenis pelayanan baik dalam pemerintahan maupun swasta, pasti membutuhkan e-KTP. Jadi, jika kita tidak memiliki e-KTP tentu kita sendiri yang akan rugi. Sehingga, jangan kita tunda lagi, dan segera lakukan perekaman,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pengelolahan dan Pendayagunaan Data dan Informasi Kependudukan Disdukcapil Parepare, Adi Hidayah Saputra mengungkapkan, saat ini terdata sebanyak 2.500 atau sekitar dua persen masyarakat Parepare yang belum melakukan perekaman e-KTP.

“Setiap harinya mengalami pengurangan, namun juga bertambah karena adanya masyarakat yang memasuki usia 17 tahun, dan itu sudah wajib untuk memiliki e-KTP,” tandasnya.

Penulis : Luki Amima

loading...