Begini Komitmen SEHATI Kembangkan Hasil Bumi Sinjai

BERBAGI

SINJAI, SULSELEKSPRES.COM – Komitmen pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sinjai, Andi Seto Gadista Asapa dan Andi Kartini Ottong untuk memajukan dan membangun kabupaten Sinjai semakin jelas dan nyata.

Betapa tidak, Andi Seto dikenal politisi yang juga sebagai pengusaha sukses tingkat nasional dan bahkan memiliki jaringan investor dari luar negeri dan dalam negeri. Sehingga peluang dan jaringan yang dimiliki lulusan luar negeri tersebut akan dijadikan modal untuk memasarkan hasil bumi yang ada di kota berjuluk Bumi Panrita Kitta.

Persoalan keluhan kesejahteraan masyarakat Sinjai itu terletak pada titik kelemahan pasarnya karena menurut putra mantan Bupati Sinjai dua periode ini menjelaskan bahwa masyarakat sinjai itu bukan pemalas.

Hanya saja, kata Seto tidak adanya perhatian bagi mereka dimana untuk meningkatkan perekonomiannya. Selain itu juga tidak adanya pasar yang siap menampung hasil jeripayah para petani nelayan, padi serta hasil perkebunan.

Untuk menyerap itu, Andi Seto mengaku sering mendatangkan pengusaha dari luar negeri bahkan dari dalam negeri untuk masuk ke Sinjai. Hal itu kata dia, agar ia bisa melihat komoditi pertanian dan nelayan guna untuk menyiapkan pasar agar hasil pertanian masyarakat bisa terbeli dengan harga tinggi demikian juga hasil perkebunan dan perikanannya

“Sebenarnya di Sinjai potenai SDM masyarakatnya bagus dan rajin hanya saja kenapa selama ini fase perekonomiannya rendah karena kerap hasil kinerjanya tidak dihargai dengan harga selayaknya karena tidak adanya pasar yang siap membeli hasil panen dan komoditi hasil perkebunan bahkan hasil nelayannya dan ini harus diperhatikan,”ungkapnya, Senin (12/3/2018).

Olehnya, tambah Seto dengan jaringan itu akan digunakan sebaik-baiknya, kalau rakyat Sinjai memberikan amanah memimpin Sinjai bersama Andi Kartini Ottong periode 2018-2023.

“Insya Allah, jaringan kami siap dan sudah dilakukan survei ke kampung kami Sinjai, ternyata lahan dan tenaga petaninya sangat siap untuk itu, maka pesan saya bagi masyarakat petani dan nelayan tidak usah khawatir, kalau kami terpilih, komitmen kami akan merealisasikan dan saya undang masuk seluruh jaringan pengusaha saya baik dari luar negeri atau dalam negeri masuk di sinjai meningkatkan harga hasil jeripayah petani di sinjai,” terangnya.

Muhtar, salah seorang warga Sinjai Timur mengatakan, putra mantan Bupati Sinjai dua periode Andi Rudianto Asapa itu sangat paham dengan kebutuhan dasar masyarakat Sinjai. Menurutnya, Andi Seto Ini juga memiliki pengetahuan yang luas terkait keluhan masyarakat Sinjai baik itu dikalangan perikanan dan pertanian.

“Selama ini memang masyarakat sinjai khususnya perikanan dan pertanian bahkan perkebunan itu membutuhkan pasar untuk menjual hasil panennya dengan harga layak,” kata Muhtar.

Ditambahkan, Seto bahwa untuk membangun wilayah itu, tidak harus pakum diwilayah sendiri. Mesti harus memiliki jaringan luas seperti diluar negeri untuk diajak kerja sama untuk membangun wilayah khususnya di Sinjai baik dibidang pertanian perkebunan dan nelayan

“Pemimpin butuh jaringan luas sampai di pusat bahkan luar negeri untuk membangun Sinjai dan itu kami sudah siapkan bahkan kemarin beberapa bulan lalu sudah ada dari india banglades dan korea masuk di Sinjai. Kedatangan mereka ini untuk melakukan survei potensi pertanian yang dimiliki Sinjai,” pungkas Seto.

Penulis: Muhammad Adlan

loading...