Prof-Andalan Siap Dorong Perkembangan Pariwisata Sulsel

BERBAGI
Calon Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan wakilnya Andi Sudirman Sulaiman di Kecamatan Ajangale, Kabupaten Bone, Selasa (13/3/2018)/ SULSELEKSPRES.COM/ ABDUL LATIF

WATANSOPPENG, SULSELEKSPRES.COM – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah-Andi Sudirma Sulaiman (Prof-Andalan) siap mendorong perkembangan pariwisata yang ada di Sulsel.

Nurdin Abdullah mengatakan, salah satu tempat wisata sangat bagus untuk di datangi di Sulsel adalah wisata air panas yang ada di Lejja Kabupaten Soppeng. Orang luar negeri, katanya sangat membutuhkan wisata seperti permandian air hangat alami. Kalau wisata permandian air panas di luar negeri rata-rata, air panas buatan, berbeda dengan yang ada di kabupten Soppeng.

“Saya lihat Soppeng ini lagi berbenah dan saya lihat pak Bupati Soppeng luar biasa, sudah melakukan langkah-langkah yang positif terhadap pertumbuhan ekonomi disini dan yang saya lihat segi positifnya, ya rangsangan bagi pengusaha lokal,” kata Nurdin Abdullah, saat ditemui di Villa Hakata Lejja, Rabu (14/3/2018) malam.

Selain itu, di Soppeng sudah mulai mengikuti tren yang ada di kota-kota besar lainnya, seperti perkembangan perhotelan yang rata-rata mengunakan bahan baku dari hasil pertanian masyarakat lokal.

“Kita lihat tadi ada kawasan perhotelan, itu betul-betul sudah dibuat secara integritit, ada hotel, ada wisata untuk kuliner, ada tempat mancing, ada tempat olahraga, kolam renang dan lain-lain,” jelasnya.

“Saya kira inilah yang harus ditumbuhkan untuk daerah. Jadi pengusaha lokal ini harus di support supaya ada semangat. Semangat pengusaha lokal, untuk terus mengembangkan kabupaten Soppeng ini,” tambahnya.

Selain itu, lanjut Nurdin Abdullah, Insha Allah, kalau kita ditakdirkan menjadi gubernur Sulsel, kita akan lebih mendorong lagi. Bagaimana supaya bisa berkembang lagi kabupaten Soppeng ini.

“Saya kira di Soppeng ini, kawasan wisata kita sangat banyak dan tidak semua kabupaten memiliki itu. Seperti misalnya air panas Lejja, air panas Lejja ini kan wisata untuk kesehatan ini juga sangat bagus sekali, yang kedua kita punya Ompo dan ada lagi wisata sumber air garam. Di Bali orang berendam dengan air garam, nah ini juga wisata untuk kesehatan,” jelasnya.

Bahkan lanjutnya, masih banyak komuditas-komuditas unggukan yang ada di Soppeng ini seperti sutra. Bagaimana budidaya ulat, trus pengembangan murberi untuk makanan ulat, supaya kepompong ini bisa berproduksi dengan cepat menghasilkan bahan baku pembuatan sutra.

Bupati Bantaeng dua periode itu, menilai Sulsel ini punya semua potensi wisata, apalagi katanya, Sulsel tinggal kita benahi infrastrukturnya, bangun konektifitas antara tempat wisata misalnya dari Bali, Lombok, Labuan Bajo untuk masuk ke Sulsel.

Apalagi kalau digunakan konektifitas yang ada di Bali ke Toraja, Selayar ke Lombok. Lombok ke Selayar. Selayar ke Labuang Bajo.

“Saya kira ini semua bisa kita lakukan. Ini akan menjadi konektifitas antara wisata-wisata yang lain. Saya pikir, Sulsel ini, pariwisata harus menjadi prodak unggulan kita dan saya pikir wisata itu akan banyak lapangan kerja yang bisa tercipta dan bisa mempekerjakan putra lokal,” pungkasnya.

Penulis: Abdul Latif

loading...