Emas Batangan Seberat 3 Ton Jatuh dari Pesawat

BERBAGI
Foto: Dailyexpress

SIBERIA, SULSELEKSPRES.COM – Ratusan batangan emas jatuh dengan bobot total 3,75 ton jatuh dari pesawat kargo Antonov-12 di Timur Siberia, Rusia.

Mengutip kantor berita Rusia, TASS Kamis (15/3/2018) mengabarkan hal itu terjadi di dekat Bandara Yakutsk, Siberia. Pintu belakang pesawat kargo yang membawa 9 ton emas itu tiba-tiba terbuka, sehingga ratusan batang emas merosot ke luar dan jatuh di atas landasan pacu bandara.

“Pengait kargo tiba-tiba terlepas oleh guncangan akibat angin kencang saat lepas landas,ada kemungkinan, teknisi pesawat tidak mengikat lantakan emas itu secara benar,” tulis TASS.

Baca Juga:

Perawat Ini Remas Payudara Pasiennya

Penumpang Air Asia Meninggal Saat Pesawat Di Udara

Jet Blast, 9 Orang Luka Akibat Tangga Pesawat Terhempas

Pesawat Antonov-12 sedang dalam perjalanan dari tambang Kupol (Daerah Otonomi Chukot) ke Krasnoyarsk. Di Yakutsk, pesawat tersebut singgah untuk pengisian bahan bakar.

Diketahui, pesawat itu membawa muatan batangan paduan emas perak milik Perusahaan Pertambangan dan Geologi, Chukot Gold ZAO, dan juga membawa sejumlah berlian dan platinum.

Jumat (16/3/2018), Juru bicara kepolisian setempat kepada TASS, berhasil mengumpulkan 172 emas batangan yang sempat tercecer akibat insiden sehari sebelumnya.

“Sejauh ini kami telah menemukan kembali 172 emas batangan dengan bobot total 3,75 ton,” tutur Juru bicara kepolisian setempat kepada TASS.

Sementara itu, akibat insiden tersebut, pihak otoritas keamanan setempat terpaksa menutup Bandara Yakutsk, guna melakukan pencarian batangan emas yang terpental sejauh 26 kilometer sepanjang lintasan.

Selain itu, ratusan batang emas yang jatuh nilai totalnya ditaksir mencapai $368 juta.

Penulis: Agus Mawan

loading...