Pjs Wali Kota Parepare Usulkan Festival ‘Mallipa’ Jadi Agenda Provinsi

BERBAGI

PAREPARE, SULSELEKSPRES.COM – Pejabat Sementara Pjs (Wali) Kota Parepare, Lutfie Natsir, menghadiri Festival ‘Mallipa’ yang digelar Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (DKOP) Parepare. Kegiatan dilaksanakan di situs Budaya Bacukiki, Kelurahan Watang Bacukiki, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare, Sabtu (17/03)2018).

Lutfie mengatakan, penyelenggaraan festival yang keempat kalinya tersebut, dapat memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat Parepare, khususnya di wilayah Bacukiki.

“Kegiatan ini harus dimasukkan dikalender pariwisata Provinsi. Supaya, dapat menjadi adenda tahunan, karena festival ini tidak hanya diikuti oleh penduduk lokal, namun juga menjadi daya tarik wisatawan,” katanya.

Baca: Lestarikan Kearifan Lokal, Warga Bacukiki Gelar Festival Mallipa’

Dia menjelaskan, festival tersebut menjadi daya tarik wisata karena merupakan kegiatan yang mengangkat kearifan lokal. Sehingga, jelasnya, untuk lebih memaksimalkan pelaksanaan festival tersebut ke depannya, sebaiknya menjadi agenda untuk tingkat Provinsi.

“Banyak yang tertarik dengan festival ini. Di samping itu, di Bacukiki secara khusus juga telah mengalami kemajuan pembangunan yang cukup baik. Tentunya, akan menambah keramaian pada saat festival tersebut digelar berikutnya,” pungkasnya.

Dalam festival tersebut, ditampilkan berbagai budaya tradisional di antaranya mappadendang, tarian gandrang bulo, dan seni bela diri. Selain itu, ada beberapa perlombaan yang digelar di antaranya, lomba menangkap itik, menggendong istri, dan tarian gandrang bulo.

Penulis : Luki Amima

loading...